Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 02072017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira arah pergerakan bursa seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

BEI Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti pergerakan bursa kembali berada dalam tren naik (Bullish) sempurna. Kemungkinan besar pergerakan ini akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada (relatif) dekat dengan garis 50%. Ini berarti ruang kenaikan untuk Bullish (yang terdeteksi MACD) masih cukup luas sebelum overbought. Garis MFI cenderung masih menurn yang berarti terjadi outfflow. Ini sinyal bahwa kita masih harus hati-hati, karena tren naik yang terjadi belum didukung sepenuhnya oleh aliran dana pada bursa.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish berhasil memenangkan pertempuran dengan dominan. Tidak terlihat ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Kemungkinan dominasi pasukan Jendral Bullish ini masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Dari sudut pandang yang lebih luas, pergerakan pasar masih dalam area konsolidasi. Jadi, apapun masih bisa terjadi. Kemungkinan tiba-tiba pasukan Jendral Bearish memenangkan pertempuran masih cukup besar. Jadi, walau arah pergerakan tampaknya memihak pada Bullish, kita masih harus tetap hati-hati dan harus siap jika sebaliknya yang terjadi.

Kesimpulan

Secara mingguan, pergerakan bursa kembali dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Koreksi yang terjadi belakangan ini tampaknya telah berakhir. Saatnya kita kembali agresif dalam trading. Namun perlu dicatat bahwa ada sinyal bahwa pasar belum sepenuhnya berada dalam tren naik (Bullish). Jadi tetap pasang Stop Loss (walau agak longgar) untuk mengantisipasinya.