Analisa Bursa Saham Mingguan (31012016)

Siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai lagi. Besok saatnya. Tentu sekolah saham akan melakukan analisa terhadap chart Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk mengetahui bagaimana kira-kira kondisi bursa untuk seminggu kedepan.

Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia / BEI

Pertama, lihat Moving Average Dirvergence/Convergence (MACD) nya. MACD Histogram terakhir berwarna hijau dan berada diatas garis 0. Ini memberitahu kita bahwa secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang berada dalam tren naik (Bullish) yang kuat. Kemungkinan akan bergerak naik seminggu kedepan.

Sekarang, mari lihat indikator Money Flow Index (MFI) nya. Tampak bahwa MFI berada (hampir) di garis 50%. Tampaknya ada ruang yang cukup luas untuk kenaikan sebelum mencapai area overbought. Garis juga melandai setelah sebelumnya turun. Mulai ada aliran dana yang masuk.

Mari lihat candlestick nya. Candlestick terakhir memberitahu bahwa pasukan Jendral Bullish dapat mendominasi pertempuran — setelah beberapa minggu terakhir selalu mengalami kekalahan. Kemungkinan dominasi pasukan Jendral Bullish akan berlanjut seminggu kedepan.

Terakhir, mari kita lihat area konsolidasi yang ada dalam beberapa bulan belakangan ini (garis coklat). Tampak bahwa pergerakan harga masih dalam area konsolidasi. Ini berarti, secara mingguan, pergerakan bursa masih akan terkonsolidasi dalam areanya. Belum ada penembusan — baik ke bawah atau ke atas.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) masih dalam konsolidasi. Jadi setrategi yang digunakan adalah swing pada area konsolidasi. Beli dekat support dan jual dekat resistance sembari menunggu apakah area konsolidasi akan tertembus.