Analisa Bursa Saham Indonesia/BEI Mingguan

Besok sudah Senin lagi. Saatnya mempersiapkan diri agar dapat mendapat hasil yang optimal untuk seminggu kedepan. Langkah pertama, mari kita lihat kondisi umum Bursa Saham Indonesia/BEI dalam siklus mingguannya. Analisa dilakukan dengan bantuan chart mingguan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Analisa Bursa Saham Mingguan 21082015

Mari kita lihat indikator MACD nya. Tampak bahwa MACD Bar berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa Bursa Saham Indonesia/BEI sedang dalam tren turun (Bearish) secara mingguan. Ini berarti bursa telah memasuki minggu kedua tren turun (Bearish).

Sekarang, kita lihat Money Flow Index (MFI) nya. Tampak bahwa gari MFI mendekati garis 20%. Ini memberitahu kita bahwa bursa masih belum masuk area oversold secara mingguan. Belum ada sinyal bahwa tren turun (Bearish) sudah terbatas. Masih mungkin akan terus berlanjut sampai oversold.

Terakhir, mari kita lihat Candlestick nya. Candlestick memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish sedang benar-benar mendominasi — di dua minggu terakhir tepatnya. Belum ada tanda-tanda perlawanan berarti dari pasukan Jendral Bullish. Kemungkinan besar, pasukan Jendral Bearish masih akan terus mendominasi.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa Bursa Saham Indonesia/BEI sedang dalam tren turun (Bearish) secara mingguan. Sebaiknya memegang cash saja untuk seminggu kedepan. Jikapun trading, sebaiknya lakukan trading jangka pendek. Resiko sedang membesar.