Analisa Bursa Saham Indonesia (BEI) Mingguan

Sekolah saham akan kembali hadir secara rutin setiap minggunya. Menganalisa bagaimana kira-kira kondisi bursa seminggu kedepan. Analisa akan dilakukan terhadap chart mingguan dari IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Hasil analisa ini akan menjadi patokan untuk memilih strategi yang paling tepat dalam trading saham seminggu kedepan. Ok, mari kita mulai:

IHSG Mingguan 19062015
Pertama, mari kita lihat indikator MACD nya. Tampak bahwa MACD bar masih berwarna merah (menurun). Ini memberitahu bahwa secara mingguan dapat dikatakan bahwa bursa saham Indonesia (BEI) masih dalam tren turun (Bearish).

Selanjutnya kita lihat indikator MFI (Money Flow Index). Tampak bahwa garis MFI masih diatas garis 20% yang mengindikasikan bahwa bursa masih belum masuk kondisi oversold (jenuh jual).

Sekarang kita lihat candlesticknya. Tampak bahwa setelah tiga minggu berturut-turut pasukan Jendral Bearish mendominasi, akhirnya sudah terlihat ada perlawanan dari pasukan Jendral Bullish. Namun belum terkonfirmasi cukup kuat untuk mendominasi pertempuran.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa Bursa Saham Indonesia (BEI) masih dalam tren turun (Bearish) secara mingguan. Peluang akan terjadi pembalikan arah menjadi tren naik (Bullish) mungkin saja terjadi dalam waktu dekat – masih butuh konfirmasi. Jadi, strategi Bearish masih akan sekolah saham gunakan seminggu kedepan.