Analisa Bursa Saham Indonesia (BEI) Mingguan

Saatnya kembali sekolah saham melakukan analisa terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mingguan. Ini untuk memperoleh gambaran bagaimana kira-kira kondisi Bursa Saham Indonesia (BEI) seminggu kedepan. Ok, tanpa berpanjang lebar, mari kita mulai menganalisa:

Analisa Bursa Saham Indonesia Mingguan
Mari menganalisa indikator MACD nya terlebih dahulu. Tampak bahwa MACD bar berwarna hijau. Ini memberitahu kita bahwa, secara mingguan, bursa sedang dalam tren naik (Bullish) – apalagi minggu sebelumnnya juga berwarna hijua. Tren naik (Bullish) cukup kuat dalam hal ini.

Sekarang mari kita lihat indikator Money Flow Index (MFI). Tampak bahwa garis MFI berada diantara 20% dan 50%. Berdasarkan sudut pandang Bullish, ini memberitahu kita bahwa peluang kenaikan bursa sampai tahap oversold masih sangat besar. Tentu saja ini berarti potensi keuntungan masih cukup luas.

Terakhir, mari ka lihat Candlesticknya. Tampak bahwa pasukan Jendral Bearish masihlah sang pemenang namun sudah tidak terlalu dominan lagi. Dapat dilihat bahwa perlawanan pasukan Jendral Bullish mulai menguat walaupun belum bisa mengalahkan pasukan Jendral Bearish. Peluang pasukan Jendral Bullish memenangkan pertempuran selanjutnya sudah terlihat.

Sekolah saham menyimpulkan bahwa kondisi bursa saham dalam keadaan tren naik (Bulllish) secara mingguan. Namun ada catatan, bahwa candlestick belum mengkonfirmasi jadi kita masih harus hati-hati. Masih ada peluang akan kembali Bearish. Jadi, lebih baik pake strategi moderat. Tidak terlalu defensif, tapi tidak terlalu ofensif juga. Tetap hati-hati.