Analisa Bursa Saham Indonesia (BEI) Mingguan

Sekolah Saham kembali menganalisa kondisi Bursa Saham Indonesia (BEI) untuk menentukan strategi trading yang tepat untuk seminggu kedepan. Analisa ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum tren dari bursa. Sekolah saham menggunakan chart IHSG mingguan sebagai bahan untuk keperluan ini. Ok, mari kita mulai menganalisa:

Analisa Bursa Saham Indonesia (BEI) Mingguan
Mari kita lihat indikator MACD nya. Tampak bahwa MACD bar akhirnya berwarna hijau kembali – setelah selama enam minggu belakangan terus berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi pembalikan arah tren dari Bearish menuju Bullish secara mingguan.

Sekarang, kita lihat indikator MFI nya. Berhubung MACD bar telah memberikan tanda Bullish, maka sudut pandang yang digunakan untuk MFI ini berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya. Dalam hal ini,  MFI memberitahu kita bahwa kondisi bursa masih jauh dari oversold. Ruang untuk terus naik masih terbuka lebar.

Selanjutnya, kita lihat Candlesticknya. Candlestick terakhir adalah candlestick putih berbatang relatif panjang. Ini memberitahu kita bahwa Pasukan Jendral Bullish kembali dapat memukul mundur Pasukan Jendral Bearish. Dan jika kita lihat 3 minggu kebelakang, Pasukan Jendral Bullish memang tampak sedang berusaha keras untuk dapat terus mendominasi pertempuran.

Sekolah saham menyimpulkan bahwa dalam jangka waktu mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) telah berada diawal tren naik (Bullish). Silahkan sesuaikan strategi masing-masing untuk mendapatkan hasil yang optimal. Perlu dicatat, hasil analisa ini bisa saja salah, jadi selalu sediakan ruang untuk koreksi (Cut Loss).