Analisa Bursa Saham Indonesia (BEI) Mingguan

Sudah saatnya sekolah saham kembali menganalisa chart mingguan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Menganalisa bagaimana kira-kira kondisi bursa saham dalam siklus mingguan agar dapat menggunakan strategi trading yang tepat dalam seminggu kedepan. Mari kita lihat chart mingguan IHSG berikut:

Analisa IHSG BEI Mingguan
Pertama, mari kita lihat MACD (Moving Average Convergence Divergence) nya. Tampak bahwa MACD bar terakhir masih berwarna merah. Ini berarti secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) masih dalam tren turun (Bearish). Sudah Bearish dalam 5 minggu berturut-turut tepatnya.

Sekarang mari kita lihat indikator berikutnya, MFI (Money Flow Index). Tampak bahwa seperti minggu lalu, MFI masih diatas garis 20% yang berarti belum dalam kondisi oversold. Masih ada peluang pergerakan bursa akan terus menurun. Jadi MFI berlum mengisyaratkan peluang perubahan tren dalam waktu dekat.

Selanjutnya, mari kita lihat candlesticknya. Candlestick terakhir menggambarkan bahwa pasukan Jendral Bearish kembali mendominasi – setelah minggu lalu terlihat pasukan Jendral Bullish mencoba memberi perlawanan. Jadi candlestick pun tampaknya mengkonfirmasi tren turun (Bearish) masih terus berlanjut.

Kesimpulan sekolah saham adalah secara mingguan, MACD, MFI, dan Candlestick mengatakan bahwa tren turun (Bearish) masih akan berlanjut seminggu kedepan. Mari sesuaikan strategi masing-masing dengan kondisi ini. Penurunan akan lebih panjang dari kenaikan dalam seminggu ini.