Analisa Bursa Saham Indonesia / BEI Mingguan (13032016)

Sudah hari minggu lagi. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira kondisi Bursa Saham Indonesia/BEI untuk seminggu kedepan. Semoga dapat membantu untuk menerapkan strategi yang tepat. Seperti biasa, digunakan chart mingguan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk menganalisa. 

Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI

Mari lihat indikator MACD (Moving Average Convergence/Divergence). Tamapak MACD Histogram kembali berwarna merah. Ini memberitahu secara mingguan, ada pergerakan menurun. Namun, karena masih berada diatas garis 0, penurunan ini belum mematahkan tren naik mingguan. Hanya sebatas koreksi saja.

Sekarang, lihat indikator MFI (Money Flow Index). Garis MFI berada diantara garis 50%-80%. Ruang untuk kenaikan sebelum overbought (jenuh jual) masih cukup luas. Garis MFI menaik yang berarti sedang terjadi aliran uang masuk (inflow). Kemungkinan masih berlanjut seminggu kedepan.

Mari kita lihat chart candlesticknya. Searah dengan MACD Histogram, candlestick terakhir memberitahu sedang ada penurunan. Pasukan Jendral Bearish sedang memenangkan pertempuran. Kemungkinan akan berlanjut seminggu kedepan. Namun dapat dilihat juga, tidak terlalu dominan. Peluang perlawanan pasukan Jendral Bullish masih cukup besar.

Dapat dilihat bahwa benteng kuat (garis coklat) pasukan Jendral Bullish masih belum tersentuh. Kita belum tahu apakah kekuatan pasukan Jendral Bearish akan cukup kuat untuk menghancurkannya. Ataukah malah, pasukan Jendral Bullish punya kekuatan cukup di benteng untuk berbalik menang. Semua masih serba mungkina.

Berdasarkan semua analisa diatas. Sejauh ini, Sekolah Saham menyimpulkan bahwa seminggu kedepan adalah minggu koreksi. Ada pergerakan turun, namun belum mematahkan tren naik (Bullish) mingguan. Jadi, ini adalah kesempatan untuk membeli diharga yang lebih murah. Selamat membeli.