Tidak Ada Sistem Trading yang 100% Tepat, Jadi?

Sering ada orang yang mengharapkan sistem trading yang dipakainya dapat 100% benar. Tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. Apalagi jika sistem tersebut dibeli dengan harga yang sangat mahal. Wong, yang gratis saja diharapkan agar memberi ketepatan 100% kok. Akibat hal ini, orang tersebut akan cenderung meninggalkan sistem yang telah dipakainya (sebagus apapun itu) setelah ternyata ada prediksi yang tidak tepat (walau cuma satu kesalahan sekalipun).

Orang tersebut akan kembali berburu sistem baru dengan tujuan untuk menemukan sistem yang memberi prediksi 100% tepat. Padahal, kalo diteliti lebih jauh lagi, sistem trading yang sebelumnya, sudah cukup bagus, sudah dapat memberikan prediksi dengan ketepatan di atas 50%. Ini sudah sangat bagus. Bahkan dengan sistem dengan ketepatan dibawah 50% sekalipun kita masih bisa tetap memperoleh keuntungan dari bursa saham.

Ketepatan-Sistem-Trading

Tentu jika kita tahu cara untuk menggunakannya. Jika tidak, ya memang sistem tersebut akan membuat modal kita tergerus. Karena ketepatannya dibawah 50% berarti akan lebih sering salah daripada benar. Nah, kembali ke topik. Orang-orang yang terus mencari sistem trading yang 100% akan menjadi sangat sibuk. Terus mencari hingga (bahkan) lupa untuk melakukan transaksi saham. Semua sumber daya dikerahkan untuk menemukan sistem trading sempurna tersebut.

Menurutku, ini sungguh disayangkan. Coba separuh saja dari sumber daya tersebut dikerahkan untuk mencari tahu – mencari tahu bagaimana cara paling tepat untuk menggunakan sistem trading yang sudah ada. Niscaya keuntungan yang signifikan akan dapat diperoleh. Lagian, memang ada sistem trading yang 100% tepat? Setahuku sih tidak ada. Setiap sistem trading punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu bagaimana sebaiknya menggunakan sistem trading tersebut – bukan malah mencari sistem trading yang pasti selalu benar. Toh, sistem trading yang tingkat ketepatannya dibawah 50% sekalipun, masih dapat memberikan keuntungan yang optimal. Tentu saja, itu jika kita tahu bagaimana cara tepat untuk menggunakannya. Kesimpulannya, jangan cari yang 100% tepat tapi cari tahu bagaimana cara paling tepat untuk menggunakan sebuah sistem trading.