Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 21052017

Roda siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan berputar kembali. Saatnya memperkirakan arah pergerakan pasar untuk seminggu kedepan. Perkiraan dilakukan dengan bantuan chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Perkiraan mingguan BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Pergerakan BEI (kembali) berada dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Pergerakan koreksi telah berakhir. Kemungkinan besar bursa akan bergerak naik seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada dekat garis 50% yang berarti ruang kenaikan untuk Bullish (berdasarkan MACD) masih sangat luas sebelum area jenuh beli (Overbought). Garis MFI tampak menurun yang berarti sedang ada aliran dana keluar (outflow). Sebuah peringatan untuk hati-hati terhadap tren naik (Bullish) yang terjadi.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu bahwa walau sempat ditekan cukup jauh, akhirnya pasukan Jendral Bullish berhasil mendominasi pertempuran. Kemungkinan besar dominasi ini akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Dari sudut pandang lebih luas, tampaknya penguatan pasukan Jendral Bearish tiga minggu terakhir ini telah berakhir. Akhirnya pasukan Jendral Bullish berhasil berkonsolidasi dan memukul balik dengan kekuatan yang sangat besar. Hal ini kemungkinan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Kesimpulan

Akhirnya gerakan koreksi BEI berakhir. BEI kembali berada dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Tentu ini saatnya kita kembali memakai strategi trading yang agresif. Namun tidak rugi untuk selalu berjaga-jaga. Untuk selalu menggunakan stop loss.