[Update] Menjual Saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM)

Ada naik, ada turun. Mungkin itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan situasi kali ini. Setelah minggu lalu, saya tersenyum karena keuntungan yang lumayan dari menjual saham Astra Graphia (ASGR), kali ini, dengan sedikit meringis, saya terpaksa menjual rugi saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM). Sistem trading sudah mengeluarkan sinyal bahwa saham ini harus dilepas.

Harus dilepas karena kemungkinan besar harga saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) akan terus menurun. Dapat juga dilihat bahwa saham ini termasuk dalam daftar jual dari rekomendasi saham mingguan. Jadi, dalam artikel ini, pembahasannya bukan soal kenapa harus dijual melainkan kapan harus dijual. Sekarang atau menunggu pull-back? Mari kita cari tahu.

Jual-Saham-Telkom-TLKM

Mari kita bahas berdasarkan chart di atas. Pertama, mari kita lihat MACD Histogram. MACD histogram terakhir adalah berwarna merah. Ini berarti kemungkinan besar, harga saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) masih akan terus turun. Beralih ke candlestick. Dapat kita lihat bahwa setelah sebuah doji, candlestick hitam berbatang panjang terbentuk. Ini mengkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish sedang mendominasi pertempuran.

Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan terus mendominasi pertempuran dalam hari-hari kedepan. Harga masih akan terus turun. Dapat kita lihat juga bahwa garis MA20 terlah tertembus ke bawah. Ada peluang besar bahwa harga akan terus bergerak turun. Turun menuju batas bawah dari Bollinger Band sebelum akhirnya memantul kembali. Sekarang, mari lihat apa informasi yang ada dalam volume transaksi.

Dapat kita lihat bahwa volume relatif tinggi. Ini memberitahu kita bahwa kemungkinan besar sinyal yang ada bukanlah sinyal palsu. Berdasarkan semua analisa, saya memutuskan untuk menjual saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) pada harga sekarang, 2175 rupiah.  Saya tidak mau mengambil resiko untuk terus mengakumulasi kerugian demi menunggu sebuah pull-back. Kali ini saya menderita kerugian sebesar 4.48%.

[Update] Laku juga jualan saya kali ini. Pasar dengan senang hati membeli saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM) pada harga 2175. Saatnya cari saham lagi.