[Update] Menjual Saham Semen Indonesia (SMGR)

Jika mengikuti rekomendasi saham mingguan dari Sekolah Saham dot Com, anda pasti telah menyadari bahwa beberapa minggu kebelakang, tidak ada rekomendasi jual. Itu karena memang saham-saham di portofolio saya belum ada yang mengeluarkan sinyal jual. Perlu diketahui bahwa rekomendasi jual hanyalah berisi saham-saham di portofolio saya yang memberikan sinyal jual. Ok, kembali ke topik. Kali ini, ternyata sudah ada rekomendasi jual.

Rekomendasi untuk mulai mengambil ancang-ancang untuk menjual saham Semen Indonesia (SMGR). Dan ternyata, tidak perlu menunggu lama, sinyal jualnya langsung ada sehingga saya memutuskan untuk menjual pada hari ini. Berikut sinyalnya:

Jual Saham Semen Indonesia (SMGR)

Seperti yang dapat kita lihat pada chart pergerakan harga saham Semen Indonesia (SMGR) di atas, telah terbentuk sebuah MACD histogram merah. Histogram merah ini terbentuk setelah sebuah histogram hijau. Ini adalah sebuah sinyal ada peluang besar pergerakan harga akan kembali dalam tren turun (Bearish). Tentu ini berarti kita harus melepas saham ini jika ingin menghindar dari kerugian yang lebih besar lagi.

Dari chart candlesticknya, terbentuk sebuah candlestick panjang berwarna hitam. Ini berarti pasukan Jendral Bearish benar-benar sedang kuat-kuatnya dan menguasai pertempuran dengan mutlak. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan menguasai pertempuran dalam hari-hari selanjutnya. Ini juga merupakan sinyal kuat untuk menjual saham Semen Indonesia (SMGR). Tentu jika kita tidak ingin menanggung kerugian akibat harga yang terus turun.

Dari analisa di atas saya memutuskan untuk langsung menjual saham Semen Indonesia (SMGR) ini pada harga sekarang, 12.900 rupiah. Saya tidak menunggu pullback terlebih dahulu karena prediksi saya harga masih akan turun lagi dan pullback belum ada tanda-tanda sama sekali. Daripada semakin turun, lebih baik jual sekarang. Dalam hal ini berarti saya melakukan cutlos (jual rugi). Ya, saya rugi kira-kira 9.47% kali ini.

Tidak apa-apa. Ini sudah merupakan resiko yang saya telah prediksi dari awal. Resiko yang sudah saya siap tanggung sejak pertama kali membeli saham Semen Indonesia (SMGR) ini. Jual rugi (cut loss) sudah biasa saya lakukan karena memang prediksi saya tidak mungkin benar 100%. Yang terpenting dalam berbisnis saham itu adalah tahu apa yang harus dilakukan ketika salah. Inilah yang sedang saya lakukan di sini. Saya salah prediksi. Titik. Saya cut loss – lah saham tersebut. Titik.

[Update] Pasar ternyata memang sedang berbaik hati. Jualan saya di 12.900 malah laku di 12.950. Lumayan dapat bonus 50 rupiah per lembar. Jadi, sekarang ini, portofolio saya berkurang dengan keluarnya saham Semen Indonesia (SMGR).

Comments

  1. Ikut belajar yo…murid baru