[Update] Menjual Saham Perusahaan Gas Negara (PGAS)

Tampaknya ini memang senin kelabu. Setelah terpaksa menjual rugi saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM), masih ada saham lain lagi yang harus dijual rugi. Ya, meringis belum berakhir ternyata. Sistem trading saya mengeluarkan sinyal jual untuk saham Perusahaan Gas Negara (PGAS). Ini berarti sistem trading memprediksi bahwa harga saham ini masih akan turun untuk hari-hari kedepan.

Seperti halnya sebelumnnya, karena sinyal jual sudah ada, pembahasan bukan lagi apakah saham ini layak dijual atau tidak. Melainkan kapan harus menjual saham ini. Langsung dengan harga sekarang atau bagaimana? Mari kita cari tahu jawaban terbaiknya.

Menjual-Saham-Perusahaan-Gas-Negara-PGAS

Mari kita cari jawabannya dengan menganalisa chart di atas. Pertama, mari kita analisa MACD histogramnya. MACD histogram terkahir masih berwarna merah. Ini berarti dapat diprediksi harga saham masih akan turun terus. Belum ada tanda-tanda pergerakan harga akan mengalami perubahan arah (pull-back). Ini jelas adalah sebuah sinyal bahwa memang kita harus menjual saham Perusahaan Gas Negara (PGAS) ini secepatnya.

Sekarang, mari kita analisa candlesticknya. Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam berbatang relatif lebih panjang. jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran, dan semakin lama semakin menguat. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya.

Harga saham masih akan terus turun.Namun, dapat kita lihat bahwa candlestick hitam tersebut telah menyentuh batas bahwa bollinger band. Ini berarti ada kemungkinan besar pergerakan harga akan memantul ke atas dulu, sebelum kemudian melanjutkan penurunannya. Sekarang, mari kita lihat volume transaksinya. Tampak bahwa volume terus meninggi dalam beberap hari. Puncaknya adalah volume yang sangat tinggi pada hari terakhir minggu kemarin.

Ini mengkonfirmasi bahwa sinyal jual yang ada, kemungkinan besar bukanlah sinyal palsu. Dari hasil analisa-analisa di atas, maka saya memutuskan untuk menjual saham Perusahaan Gas Negara (PGAS) pada harga 5000 rupiah. Harga jual ini adalah satu tingkat di atas harga sekarang. Ini saya lakukan karena prediksinya pergerakan harga akan memantul dulu sebelum turun lagi. Penjualan ini akan memberikan kerugian sekitar 6% an.

[Update] Jualan saya yang keduapun laku. Pasar dengan senang hati membeli saham Perusahaan Gas Negara (PGAS) pada harga 5000 rupiah. Portofolio sayapun menjadi lowong nih.