Menjual Saham Mitra Investindo (MITI)

Seperti yang mungkin anda sudah ketahui, saham Mitra Investindo (MITI) mendapat tekanan jual yang sangat kuat jumat kemarin. Tidak heran akhirnya saham ini masuk dalam list jual untuk rekomendasi saham mingguan terbaru. Ini berarti mau tidak mau saham ini akan dijual dalam jangka waktu seminggu kedepan. Pahit memang, apalagi harga telah tergerus sebesar 17.81% dari titik pembeliannya.

Tapi tetap harus disiplin. Saya tidak mau mengubah pembelian trading ini menjadi investasi. Tidak mau menjadi investor kecelakaan. Pertanyaannya sekarang adalah kapan harus dijual dan pada harga berapa. Untuk mengetahuinya, mari kita perhatikan gambar berikut:

Menjual-Mitra-Investindo-MITI

Pertama, mari kita analisa MACD Histogramnya. Tampak bahwa MACD Histogram terakhir masih berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan saham Mitra Investindo (MITI) sedang dalam tren turun (Bearish). Kemungkinan harga saham akan terus turun. Jika ingin menyelamatkan modal, tentu saatnya kita menjual saham ini. Namun, sebelum bertindak, mari kita analisa pergerakan saham berdasarkan chart candlestick.

Candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Sama sekali tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bullish. Kemungkinan besar, pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pertempuran. Harga saham akan terus turun. Jelas, ini adalah sinyal jual. Kita harus menjual saham agar modal kita tidak tergerus lebih dalam.

Sejauh ini kita sudah punya dua sinyal jual – dari MACD Histogram dan Candlestick. Sekarang, mari kita konfirmasi dengan volume transaksinya. Tampak bahwa terjadi kenaikan volume yang sangat signifikan. Kekuatan jual benar-benar sangat kuat. Ini mengkonfirmasi bahwa sinyal jual yang ada bukanlah sinyal palsu. Jelas sudah besok, kita sudah harus melepas saham Mitra Investindo (MITI) ini.

Sekarang, mari kita lihat sebaiknya melepas saham ini pada harga berapa. Untuk hal ini, mari perhatikan chart candlesticknya. Tampak bahwa candlestick terakhir telah menembus batas bawah bollinger band. Biasanya, jika batas bawah bollinger band telah tertembus, akan ada pergerakan naik hingga batas bawah tersebut. Inilah titik jual optimal (garis berwarna biru) untuk kondisi sekarang. Sekolah saham akan menjual saham ini pada harga 66 rupiah.