[Update] Menjual Saham Metrodata Electronics (MTDL)

Kembali ada sinyal jual dari saham dalam portofolio saya. Kali ini, sinyal jual berasal dari saham Metrodata Electronics (MTDL). Sinyal jual kali ini muncul karena penurunan harga telah menyentuh threshold 10% dari harga penutupan tertinggi yang pernah dicapai. Nggak enak emang menjual saham yang belum mencapai target keuntungan yang diharapkan. Namun, saya harus disiplin untuk menjual jika ada sinyal jual dari sistem trading.

Pertanyaannya sekarang adalah saham Metrodata Electronics (MTDL) ini mau dijual di harga berapa? Apakah di harga sekarang atau menunggu harga naik dulu agar dapat dijual pada harga yang lebih tinggi? Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita analisa chart pergerakan harganya terlebih dahulu.

Menjual-Saham-Metrodata-MTDL

Pertama mari kina analisa MACD histogramnya. Dapat kita lihat bahwa MACD histogram terakhir masih berwarna merah. Dan dalam beberapa hari kebelakang juga berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan harga saham Metrodata Electronics (MTDL) sedang dalam tren turun (bearish). Harga saham ini kemungkinan besar masih akan terus turun di hari-hari mendatang. Ini adalah sinyal jual yang kuat.

Sekarang, mari kita lihat indikator teknikal lainnya, candlestick. Candlestick terakhir adalah candlestick hitam berbatang relatif panjang. Sebelumnnyua juga ada candlestick hitam. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran dalam beberapa hari ini. Dan jika kita lihat lagi, masih ada ruang sebelum candlestick menyentuh support kuatnya (garis MA20).

Dapat diprediksi bahwa harga saham Metrodata Electronics (MTDL) masih akan terus turun kedepannya. Saham ini harus dijual secepatnya jika tidak ingin nilainya semakin turun. Namun, jika kita lihat lebih dekat, harga sekarang adalah pada support minornya (garis biru). Ada kemungkinan pergerakan harga akan memantul ke atas terlebih dahulu. Sekarang mari kita konfirmasi dengan volume transaksinya.

Tampak bahwa volume transaksi beberapa hari ini relatif tinggi. Ini memberitahu kita bahwa kemungkinan besar sinyal jual yang ada bukanlah merupakan sinyal palsu.Volume ini juga memberitahu kita bahwa tekanan jual memang sedang cukup tinggi. Dapat diprediksi bahwa harga akan terus turun pada hari-hari mendatang. Berdasarkan seluruh indikator yang telah dianalisa, saya memutuskan untuk menjual saham Metrodata Electronics (MTDL) ini pada harga 300.

Jika pasar mau membeli pada harga 300 rupiah, keuntungan yang didapat pun lumayan – sekitar 30%. Lumayanlah untuk menutup kerugian selama ini dan bahkan masih menyisakan keuntungan. Sekarang, harga jual sudah ditetapkan dan telah ditawarkan pada pasar. Tinggal kita tunggu saja bagaimana pasar akan meresponnya. Toh, pada akhirnya, pasarlah yang berkuasa. Pasar itu selalu benar.

[Update] Pasar ternyata mau membeli saham Metrodata Electronics (MTDL) pada harga yang saya tawarkan. Lumayan deh, keuntungan kali ini bisa mencapai 30% an. Portofolio pun lumayan lowong, perlu berburu saham lagi nih. 😀