[Update] Menjual Saham KMI Wire & Cable (KBLI)

Tampaknya, pasar memang sedang benar-benar dalam kondisi tren turun (bearish). Setelah minggu lalu, saya terpaksa menjual rugi beberapa saham, kali inipun ada sinyal jual pada saham-saham yang ada di portofolio. Salah satunya adalah saham KMI Wire & Cable (KBLI). Sayangnya, penjualan kali ini juga termasuk jual rugi (cut loss). Sebenarnya bisa sih, saham ini saya tahan dengan harapan harga akan naik di masa mendatang.

Namun, sesuai yang telah dibahas di sekolah saham ini, kita harus disipin dalam trading saham. Kita harus mengikuti sistem trading sepenuhnya. Nah, itulah yang akan saya lakukan. Berhubung sinyal jual telah keluar untuk saham KMI Wire & Cable (KBLI), mau tak mau, saya haru melepas saham ini. Pertanyaannya adalah pada harga berapa saham ini harus dijual. Untuk menemukan jawabannya, mari lihat chart di bawah:

Menjual-Saham-KMI-Wire-Cable-KBLI

Pertama, mari kita analisa MACD histogramnya. Dapat dilihat bahwa MACD histogram terakhir berwarna merah. Beberapa hari sebelumnya juga berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan harga saham KMI Wire & Cable (KBLI) sedang dalam tren turun (bearish). Harga akan terus turun kedepannya. Tentu ini adalah sebuah sinyal yang memberitahu kita untuk melepas saham ini secepatnya.

Tentu saja, jika kita tidak mau terus mengakumulasi kerugian akibat harga saham yang terus turun. Sekarang, mari kita lihat indikator lainnya, candlestick. Tampak bahwa setelah beberapa candlestick hitam, candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam dengan batang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi. Belum ada tanda-tanda bahwa pasukan Jendral Bullish akan melakukan serangan balasan.

Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan terus mendominasi kedepannya. Harga saham masih akan terus bergerak turun. Tentu, ini adalah sinyal bahwa saham ini harus segera dijual. Sekarang, mari kita lihat indikator lainnya. Dapat kita lihat MA20 yang sebelumnya adalah support kuat, telah tertembus. Ini memberitahu kita bahwa kemungkinan besar, harga akan terus turun hingga menyentuh support kuat selanjutnya.

Support kuat selanjutnya adalah batas bawah dari Bollinger Band. Dapat kita lihat bahwa masih ada ruang untuk terus turun. Jelas, ini adalah sinyal untuk menjual saham ini pada harga sekarang. Mari kita konfirmasi semua sinyal jual yang ada dengan volume transaksinya. Dapat kita lihat bahwa volume transaksi terakhir relatif meninggi. Ini memberitahu kita bahwa tekanan jual yang ada adalah nyata.

Berdasarkan analisa dari beberapa indikator yang telah dilakukan, saya memutuskan untuk menjual saham KMI Wire & Cable (KBLI) pada harga sekarang. Ya, saya menjual saham ini pada harga 177 rupiah. Dalam hal ini saya akan membukukan kerugian sebesar 5.90%. Pahit memang. Tapi mau bagaimana lagi, saya haru tetap disiplin. Kedisiplinan inilah yang mungkin akan menyelamatkan modal agar tidak tergerus makin dalam.

[Update] Saham KMI Wire & Cable (KBLI) berhasil dijual. Pasar ternyata mau membeli saham ini pada harga 177 rupiah. Jadi deh, keluar dari portofolio saya. Berhubung BEI bearish, tampaknya saya akan jadi pengamat dulu. 😀