[Update] Menjual Saham Indofood (INDF)

Kembali ada sinyal jual. Kali ini, sistem trading saya mengeluarkan sinyal jual untuk saham Indofood (INDF). Sinyal jual kali ini muncul akibat harga telah turun 10% dari harga penutupan tertinggi yang pernah dicapai oleh saham ini. Tentu saja, jika disiplin, saham ini harus segera dijual. Pertanyaannya adalah apakah dijual di harga sekarang atau menunggu dulu, karena ada peluang harga akan naik dulu (pull-back) sebelum turun lagi.

Untuk mencari jawabannya, mari kita analisa chart pergerakan harga saham Indofood (INDF) berikut:

Menjual-Saham-Indofood-INDF

Pertama, mari kita lihat MACD histogramnya. Dapat kita lihat bahwa MACD histogram terakhir berwarna merah. Ini menandakan bahwa kemungkinan besar harga masih akan terus turun pada hari-hari kedepan. Tentu ini adalah sinyal bahwa kita sebaiknya menjual saham Indofood (INDF) ini pada harga sekarang dan secepatnya. Sekarang, mari kita lihat indikator lainnya yakni candlesticknya.

Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan terus mendominasi pertempuran kedepannya. Dapat dilihat juga bahwa masih ada ruang antara batas bawah bollinger band dengan candlestick.

Ini memberitahu kita bahwa ruang penurunan harga masih ada. Harga belum akan memantul (pull-back) dalam waktu dekat ini. Jadi, sebaiknya, saham Indofood (INDF) dijual pada harga sekarang s karena masih ada peluang harga akan terus turun. Mari kita konfirmasi semua analisa tersebut menggunakan volume transaksinya. Dapat kita lihat bahwa volume terakhirnya relatif lebih tinggi. Ini menandakan kemungkinan besar sinyal yang ada bukanlah sinyal palsu.

Berdasarkan semua analisa yang ada, saya memutuskan untuk menjual saham Indofood (INDF) pada harga sekarang, 6650 rupiah. Ini berarti kerugian yang diderita adalah sebesar -4.32%. Ya, jualan kali ini adalah jual rugi alias cut loss. Ini berarti belakangan ini sudah sering saya jual rugi. Tapi mau gimana lagi, memang situasinya begitu. Tinggal cari lagi saham yang punya potensi untuk memberikan keuntungan yang lebih besar dari kerugian selama ini.

[Update] Pasar ternyata mau membeli saham Indofood (INDF) ini pada harga 6650. Jadi deh, portofolio saya berkurang satu saham lagi. Semoga bisa dapat saham lain yang memberikan keuntungan. 😀