[Update] Menjual Saham Bank Bukopin (BBKP)

Membeli saham pada hari jumat, apalagi beberapa hari terakhir tekanan jual sedang sangat kuat, memang beresiko besar. Terbukti, hari ini saya harus kembali menjual saham Bank Bukopin (BBKP) yang baru dibeli jumat kemarin. Ini berarti saham ini dipegang tidak lebih dari sehari. Tapi mau bagaimana lagi, sistem trading sudah memberi sinyal jual. Sebagai trader kita harus selalu disiplin mengikuti sistem trading.

Apalagi dalam suasana pasar yang terus tertekan, kedisiplinanlah yang bisa menyelamatkan modal kita. Jika tidak disiplin, dijamin modal kita akan terus tergerus – bahkan bisa habis. Jelas sudah bahwa langkah yang tepat adalah menjual saham Bank Bukopin (BBKP) ini. Pertanyaannya sekarang, harus dijual di harga berapa? Mari kita cari tahu jawabannya.

Menjual-Saham-Bank-Bukopin-BBKP

Pertama, mari kita analisa berdasarkan MACD histogramnya. Dapat kita lihata bahwa MACD histogram terakhir berwarna merah, setelah sebelumnnya berwarna hijau. Ini memberitahu kita bahwa saham Bank Bukopin (BBKP) kembali bergerak dalam tren turun (bearish) setelah sebelumnya hanya terjadi pantulan saja. Tren turun tampaknya akan terus terjadi pada hari-hari kedepan. Harga saham akan terus turun.

Sekarang, mari kita analisa candlesticknya. Candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam berbatang lumayan panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish kembali menguasai pertempuran. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus menguasai pertempuran untuk hari-hari kedepannya. Jadi, sudah seharusnya saham ini kita jual secepatnya. Toh, diprediksi harga akan turun terus.

Namun, nanti dulu. Jika dilihat lebih teliti tampak bahwa candlestick sudah menyentuh support kuatnya (batas bawah bollinger band). Ini memberitahu kita bahwa ada kemungkinan besar pergerakan saham Bank Bukopin (BBKP) akan memantul terlebih dahulu sebelum meneruskan penuruannya. Ini peluang untuk menjual saham ini pada harga diatas harga sekarang. Titik resistance terdekatnya tampak titik jual yang bagus.

Untuk lebih meyakinkannya, mari analisa volume transaksinya. Tampak bahwa volume transaksi relatif rendah. Berarti, sinyal bearish yang ada tidak terlalu kuat. Masih ada kemungkinan sinyal tersebut palsu – setidaknya besar peluang harga akan naik terlebih dahulu. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk menjual saham Bank Bukopin pada harga 630 rupiah yang merupakan resistance terdekat.

[Update] Ternyata pasar tidak mau membeli saham Bank Bukopin pada harga 630 rupiah. Perlu dianalisa lagi apa masih akan meneruskan untuk menjual saham ini dan diharga berapa.