[Update] Menjual Saham Bank Bukopin (BBKP) Kembali

Seperti yang sudah diketahui, dua hari lalu saya telah berusaha menjual saham Bank Bukopin (BBKP) namun tidak berhasil. Pasar tidak mau membeli pada harga yang saya tawarkan. Setelahnya, belum ada sinyal jual lagi – malah ada peluang harga saham ini akan kembali naik. Makanya saham ini belum saya jual lagi setelahnya. Namun ternyata pasar berbicara lain, kembali ada sinyal bahwa harga saham ini ada peluang akan terus turun.

Ya, sinyal jual kembali muncul. Berarti saham ini harus kembali ditawarkan kepada pasar. Pertanyaannya adalah pada harga berapa? Mari kita bahas harga tepat untuk menjual saham Bank Bukopin (BBKP) ini.

Menjual-Saham-Bank-Bukopin-BBKP-20112013

Pertama mari kita analisa MACD histogramnya. Dapat kita lihat bahwa MACD histogram terakhir berwarna merah setelah sebelumnya berwarna hijau. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan harga saham Bank Bukopin (BBKP) kembali berada dalam tren turun (bearish). Ada peluang besar bahwa harga saham akan terus turun pada hari-hari selanjutnya. Ini jelas adalah sebuah sinyal yang memberitahu kita untuk melepas saham ini secepatnya.

Sekarang, mari kita analisa candlesticknya. Dapat kita lihat candlestick terakhir adalah sebuah candlestick hitam berbatang relatif panjang. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish benar-benar telah mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bullish. Pasukan Jendral Bearish mendominasi pertempuran tanpa perlawanan dari pasukan Jendral Bullish. Diprediksi bahwa dominasi ini akan terus berlanjut. Harga akan terus turun.

Dapat kita lihat juga bahwa candlestick berada di area batas bawah Bollinger Band (yang merupakan support kuat). Ini memberitahu kita bahwa kemungkinan besar pergerakan harga akan memantul ke atas terlebih dahulu. Ini adalah peluang kita untuk menjual saham ini pada harga lebih tinggi. Saya telah menarik garis untuk resistance terdekat (garis berwarna biru). Kita dapat menggunakannya sebagai titik jual.

Sekarang, mari kita konfirmasi semua sinyal jual yang ada dengan menggunakan volume transaksi. Dapat kita lihat bahwa volem relatif tinggi. Ini memberitahu kita bahwa tekanan jual nyata adanya. Sinyal jual yang ada kemungkinan besar bukanlah sinyal palsu. Berdasarkan semua analisa yang telah dilakukan, saya memutuskan untuk menjual saham Bank Bukopin (BBKP) pada harga 620 rupiah. Semoga pasar mau membelinya.

[Update] Kembali, saya gagal menjual saham Bank Bukopin (BBKP). Sepertinya memang pasar tidak berminan membeli diatas harga terkininya. Terpaksa bakal dianalisa ulang untuk saham ini.