[Update] Menjual Saham Astra Graphia (ASGR)

Akhirnya, setelah dua kali terpaksa jual rugi (cut loss), saya bisa juga jual untung (take profit). Kali ini ada sinyal jual pada saham Astra Graphia (ASGR). Tidak seperti ketika menjual saham Total Bangun Persada (TOTL) dan menjual Semen Indonesia (SMGR), kali ini saya bisa menjual dengan tersenyum karena dapat mengantongi keuntungan yang lumayan. Sebenarnya sinyal jual ini muncul akibat penurunan harga men-triger threshold jual dari sistem trading saya.

Saya memasang treshold jual sebesar 10% dari harga penutupan tertinggi. Dan kali ini, saham Astra Graphia (ASGR) telah turun sebesar 10%. Sayapun memutuskan untuk menjualnya. Pertanyaan selanjutnya adalah saya harus menjualnya di harga berapa? Apakah saya menjual di harga sekarang atau menunggu sampai ada pullback? Untuk mencari tahu jawabannya, mari lihat chart saham Astra Graphia (ASGR) di bawah ini:

Jual-Saham-Astra-Graphia-ASGR

Dari chart di atas, dapat kita lihat bahwa MACD histogram merah telah terbentuk. Ini mengatakan bahwa ada kemungkinan tren naik (Bullish) akan berubah menjadi tren turun (Bearish). Dapat kita lihat juga bahwa ada sebuah candlestick hitam panjang terbentuk. Ini mengatakan bahwa kemungkinan besar, pasukan Jendral Bearish akan menguasai pertempuran beberapa saat kedepan. Sudah ada dua sinyal jual yang kita punya disini.

Untuk lebih melengkapi mari kita lihat sinyal-sinyal lainnya. Dapat kita lihat bahwa candlestick hitam ternyata menembus support kuat (gari Bollinger Band atas) yang berarti besar kemungkinan harga akan terus turun hingga support kuat selanjutnya (garis MA20). Sekarang kita lihat volume. Dapat kita lihat bahwa setelah beberapa saat volume menurun, tepat ketika sinyal jual bermunculan, volume relatif tinggi.

Dapat dikatakan bahwa volume ternyata mengkonfirmasi sinyal-sinyal jual yang ada. Volume mengkonfirmasi bahwa sinyal jual tersebut kemungkinan bukan sinyal palsu. Berdasarkan semua informasi yang ada, saya memutuskan untuk menjual saham Astra Graphia (ASGR) pada harga sekarang, 1560 rupiah. Jika ternyata laku, maka saya dapat mengantongi keuntungan sebesar 30%. Lumayanlah. Dah menutup kerugian dari dua jual rugi terdahulu. 🙂

[Update] Ternyata pasar mau membeli saham Astra Graphia (ASGR) pada harga 1560 — bahkan dengan senang hati sepertinya. Dan sayapun dengan senang hati menikmati keuntungan 30%. 🙂