[Update] Menjual Saham Aneka Tambang (ANTM) Lagi

Seperti yang sudah anda ketahui, senin kemarin, saya telah berusaha untuk menjual saham Aneka Tambang (ANTM) ini. Saya menjualnya pada harga 1570 karena menganalisa bahwa akan ada pantulan dan juga ada support kuat (MA20) tidak jauh di bawahnya. Ternyata memang benar, pergerakan harga sempat memantul. Sayangnya, cuma sampai 1560 dan kemudian turun lagi. Jualan tidak laku, malahan kerugian makin besar.

Hal ini tidak bisa dihindarkan jika memakai analisis teknikal (TA) yang berbasiskan dasa masa lalu dan statistik. Selalu ada peluang bahwa pergerakan harga berbeda dengan yang diprediksi. Jadi bagaimana? Apakah kembali berusaha menjual saham ini? Tentu iya, karena memang sistem trading sudah mengeluarkan sinyal jual. Sekarang, pertanyaannya adalah mau dijual di harga berapa? Untuk mencari jawabannya, mari melihat chart terbaru dari saham Aneka Tambang (ANTM):

Menjual-Saham-Aneka-Tambang-ANTM-06112013

Secara sekilas, tampak bahwa chart ini mengkonfirmasi analisa minggu lalu bahwa pergerakan harga saham akan terus turun. Mari kita lihat setiap indikator. Pertama, kita analisa MACD histogramnya. Dapat dilihat bahwa MACD histogram terakhir adalah berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan saham masih dalam fase tren turun (Bearish). Harga akan terus menurun kedepannya.

Sekarang, mari kita lihat candlesticknya. Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir masih sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Mari kita lihat poin terpentingnya. Candlestick terakhir ini juga telah menembus ke bawah support kuatnya (garis MA20). Berarti, ada ruang luas untuk penerunan harga hingga mencapai support kuat selanjutnya (batas bahwa bollinger band).

Jelas bahwa kita harus menjual saham Aneka Tambang (ANTM) ini jika tidak mau mengakumulasi kerugian yang semakin besar. Mari kita lihat indikator lainnya, volume. Tampak volume terus menurun. Ini memberitahu kita bahwa sebenarnya, tenaga penurunan tidak sekuat yang dibayangkan. Ada peluang akan terjadi pembalikan harga. Namun, sayangnya, kita tidak tahu kapan pembalikan harga itu akan terjadi.

Dengan berdasarkan analisa yang ada, saya memutuskan untuk menjual dulu saham Aneka Tambang (ANTM) ini. Memang ada peluang akan terjadi pembalikan arah, namun, masih belum ketahuan kapan. Jadi, saya memutuskan untuk menjual saham ini pada harga sekarang. 1530 rupiah. Dengan ini, saya akan membukukan kerugian sebesar -2.55%. Tidak apa-apa, ini adalah resiko yang sudah saya perhitungkan sebelumnya.

[Update] Kali ini, pasar ternyata berminat untuk membeli saham Aneka Tambang (ANTM) pada harga 1530. Jadi juga saham ini meninggalkan portofolio saya.