[Update] Membeli Saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT)

Tampaknya penurunan IHSG kemarin tidak membuat gentar para Trader. Mereka masih berani untuk melakukan pembelian pada saham-saham tertentu. Buktinya, muncul sinyal beli pada saham Mitra Investindo (MITI). Dan ternyata tidak berhenti sampai disitu saja. Ada juga sinyal beli pada saham lainnya – saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT). Lumayan bukan ada dua sinyal beli dalam sehari? Padahal kondisi bursa kemarin tidak kondusif.

Sinyal beli untuk saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) sudah ada. Namun, titik belinya belum ditentukan. Jadi mari kita analisa lebih dalam lagi mengenai sinyal beli dan titik belinya.

Membeli-Saham-Sumber-Alfaria-Trijaya-AMRT

Tahap pertama, mari kita analisa MACD hitogramnya. Tampak bahwa MACD histogram terakhir berwarna hijau, setelah sebelumnya berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) kembali dalam tren naik (Bullish) setelah sebelumnya mengalami pull back. Dapat diprediksi bahwa harga saham ini akan terus naik pada hari-hari selanjutnya.

Sekarang, mari kita lihat chart candlesticknya. Tampak bahwa setelah sebuah candlestick hitam berbbatang panjang, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah mendominasi pertempuran setelah hari sebelumnya didominasi oleh pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan meneruskan dominasinya pada hari-hari selanjutnya.

Tampak juga bahwa harga penutupan berada pada area resistance kuat (garis MA20). Ada kemungkinan harga akan bergera turun dulu setelah ini, sebelum meneruskan kenaikannya. Tentu harga penutupan ini bukanlah titik aman untuk membeli. Lebih baik membeli pada area support kuatnya (batas bawah bollinger band). Sebelum bertindak, mari kita lihat apa yang bisa kita dapat dari volume transaksinya.

Tampak volume transaksinya masih sangat tipis. Ini memberitahu kita bahwa minat beli masih sangat terbatas. Pergerakan harga dapat berbalik setiap saham. Memang, informasi ini tidak membatalkan tren naik (bullish) namun memberitahu kita untuk benar-benar waspada. Maka dengan tidak melupakan kewaspadaan, sekolah saham memutuskan untuk membeli saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) ini pada harga 445 rupiah.

[Update] Pasar ternyata mau melepas saham Sumber Alfaria Trijaya (AMRT) pada harga 445 rupiah. Portofolio saham sayapun jadi terisi dengan saham ini. Semoga hasilnya dapat memuaskan.