[Update] Membeli Saham Selamat Sempurna (SMSM)

Sudah lama catatan trading tidak terbit. Bukan apa-apa, memang karena tidak ada saham yang cocok dihati – tepatnya di sistem trading sekolah saham dink. Baik untuk dibeli maupun dijual. Sekolah saham terus menanti dengan mata terbuka lebar. Menanti apakah ada saham-saham yang menghasilkan sinyal beli maupun jual. Gregetan memang, namun seperti yang sudah sering disinggung, kita harus terus disiplin, disiplin, dan disiplin.

Hanya dan hanya bergerak jika memang sistem trading mengatakan kita harus bergerak. Akhirnya, penantian itu berakhir juga. Sebuah sinyal beli telah muncul dari saham Selamat Sempurna (SMSM). Sekolah saham langsung menyambar kesempatan ini. Tapi, tentu saja tidak asal sambar. Pembelian dilakukan dengan penuh perhitungan. Sebagai bahan pembelajaran, perhatikan gambar berikut:

Membeli-Saham-Selamat-Sempurna-SMSM

Pertama, mari kita analisa berdasarkan MACD Histogramnya. Tampak bahwa MACD Histogram terakhir berwarna hijau, setelah sebelumnya berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi perubahan tren dari Bearish menuju Bullish. Kemungkinanan harga saham Selamat Sempurna (SMSM) akan terus naik pada hari-hari selanjutnya. Tentu peluang harga kembali turun tetap ada. Kita tetap harus waspada.

Sekarang mari kita lihat chart candlesticknya. Tampak bahwa candlestick terakhir berwarna hitam dengan harga penutupan di atas harga penutupan hari sebelumnnya. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish masih melanjutkan dominasinya. Namun, pada akhirnya, pasukan Jendral Bearish berhasil melakukan serangan balasan yang kuat hingga pasukan Jendral Bullish terdesak mundur.

Melihat hal ini, peluang pasukan Jendral Bearish terus merangsek maju, cukup besar. Kemungkinan pasukan Jendral Bearish akan terus maju hingga pertahanan kuat dari pasukan Jendral Bullish terdekat (garis MA20). Untuk melengkapi data, mari kita lihat volueme transaksinya. Tampak bahwa volume transaksi terakhir relatif kosong. Ini memberitahu kita bahwa sinyal yang ada tidak didukung oleh tenaga yang kuat.

Dapat dikatakan volume transaksi tidak dapat mengkonfirmasi apa-apa. Disamping hal tersebut, volume transaksi juga memberitahu kita bahwa saham Selamat Sempurna (SMSM) ini kurang liquid. Ada kemungkinan akan susah menjual kembali jikapun nanti berhasil membeli. Berdasarkan semua data yang ada, sekolah saham memutuskan untuk tetap membeli saham ini dengan margin of safety. Sekolah saham memutuskan untuk membeli pada harga 3400 rupiah.

[Update] Tampaknya Tuan Pasar sedang benar-benar optimis sehingga tidak mau menjual murah sahamnya. Jadi deh portofolio saya tidak bertambah dengan saham Selamat Sempurna (SMSM) ini. Nanti saya coba dilain waktu aja deh.

Comments

  1. Mantab rekomendasinya…. hari ini smsm naik 130 point.

    Joss