[Update]Membeli Saham Metrodata Electronics (MTDL)

Ternyata memang minggu ini benar-benar pergerakan saham di Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang rame-ramenya. Sejauh ini, hampir tiap hari ada sinyal beli dari saham-saham yang termasuk dalam rekomendasi saham mingguan. Ya, kecuali hari selasa, sampai hari ini selalu ada saham yang memberikan sinyal beli. Setelah kemarin ada sinyal beli pada saham Bank Mandiri (BMRI), kali ini Metrodata Electronics (MTDL) yang mengeluarkan sinyal beli.

Semoga kali ini pasar mau melepas pada harga yang saya inginkan. Seperti yang sudah anda ketahui, kemarin saya gagal membeli saham Bank Mandiri (BMRI) di harga 8300. Tampaknya pasar merasa harga itu terlalu rendah. Ok, balik ke topik kita kali ini. Mari kita cari tahu apa yang melatarbelakangi saya membeli saham Metrodata Electronics (MTDL) ini. Sebagai bahan pembelajaran.

Beli-Saham-Metrodata-MTDL

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa telah terbentuk MACD histogram hijau setelah sebelumnnya ada beberapa MACD histogram merah. Ini berarti arah pergerakan harga saham Metrodata Electronics (MTDL) diperkirakan akan berubah dari tren turun (Bearish) ke tren naik (Bullish). Ini jelas sebuah sinyal untuk mulai membeli. Sekarang mari melakukan analisa dengan menggunakan indikator analisis teknikal lainnya.

Dari chart candlesticknya, dapat kita lihat telah terbentuk sebuah candlestick putih yang batanya menembus ke atas MA 20. Ya, sebuah resistance yang kuat telah ditembus. Jadi, kemungkinan besar harga akan terus bergerak naik hingga resistance selanjutnya dan resiko terbatas sampai support kuat (yang sebelumnnya adalah resistance kuat). Sebuah peluang untuk menikmati keuntungan yang cukup signifikan dengan resiko telah terbatas.

Sayangnya, penembusan MA 20 disertai dengan volume yang relatif tipis. Ini sebuah peringatan bagi kita bahwa ada kemungkinan pergerakan harga akan berbalik arah lagi. Kita harus hati-hati dalam membeli. Dari semua indikator yang ada, saya memutuskan untuk membeli saham Metrodata Electronics (MTDL) pada harga 230. Harga ini adalah harga yang sedikit di atas support kuat (MA 20). Tingkat harga ini cukup aman menurutku.

[Update] Kali ini saya berhasil membeli. Pasar mau menjual saham Metrodata Electronics seharga 230. Mungkin karena memang pasar sedang bearish. 🙂