[Update] Membeli Saham Media Nusantara Citra (MNCN)

Tampaknya memang setelah puasa cukup lama, sinyal beli kemudian muncul bertubi-tubi. Setelah kemarin ada sinyal beli dari saham Selamat Sempurna (SMSM), hari ini kembali ada sinyal beli — namun dari saham berbeda. Kali ini dari saham Media Nusantara Citra (MNCN). Sekolah saham pun kembali berusaha membeli saham. Semoga kali ini Tuan Pasar mau melepas pada harga yang diinginkan.

Seperti biasa, harga beli sekolah saham ditentukan dari hasil analisa chart harian. Untuk itu, mari perhatikan chart harian dari saham Media Nusantara Citra (MNCN) berikut:

Membeli-Saham-Media-Nusantara-Citra-MNCN

Pertama, mari kita lihat MACD Histogramnya. MACD Histogram terakhir tampak berwarna hijau setelah sebelumnya berwarna merah. Ini memberi tahu bahwa setelah sebelumnya sempat mengalami pull back, pergerakan harga saham kembali ke jalur tren naik (Bullish). Seperti yang sudah pernah disinggung, inilah saat paling tepat untuk mulai membeli saham. Ini karena potensi keuntungan yang diberikan biasanya lumayan besar.

Sekarang mari kita lihat chart candlesticknya. Tampak bahwa candlestick terakhir adalah sebuah candlestick putih berbatang panjang setelah sebelumnnya candlestick hitam. Ini mengkonfirmasi apa yang diinformasikan oleh MACD Histogram sebelumnya. Kita diberitahu bahwa setelah sebelumnnya pasukan Jendral Bearish yang memenangkan pertempuran, pasukan Jendral Bullish akhirnya dapat memenangkan pertempuran kembali.

Tidak cuma memenangkan pertempuran, tapi dapat mendominasi. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan meneruskan dominasinya pada hari-hari selanjutnya. Kembali kita mempunyai sinyal beli disini. Untuk menambah data, mari kita lihat volume transaksinya. Tampak bahwa volume transaksi terakhir relatif tinggi. Ini memberitahu kita bahwa sinyal beli yang terjadi didukung oleh daya beli yang kuat.

Kemungkinan besar sinyal beli yang ada bukanlah sinyal palsu. Jadi, kita sudah boleh mulai membeli saham Media Nusantara Citra (MNCN) ini. Pertanyaanna apakah membeli pada harga sekarang atau menunggu turun dulu. Untuk menjawab, mari kita lihat kembali chart candlesticknya. Tampak bahwa candlestick terakhir telah menembus resistance kuatnya (garis MA20) – yang kemudian berubah menjadi support kuat.

Tampak bahwa harga penutupan tidak jauh diatas dari garis MA20 tersebut. Ini berarti cukup aman untuk membeli saham pada harga sekarang. Juga, ada ruang yang cukup untuk memperoleh keuntungan sampai resistance kuat berikutnya (batas atas Bollinger Band). Berdasarkan semua data yang ada, sekolah saham memutuskan untuk membeli saham Media Nusantara Citra (MNCN) pada harga 2325 rupiah. Semoga Tuan Pasar mau menerima.

[Update] Bener-bener deh, Tuan Pasar emang sedang jual mahal. Kembali saya tidak berhasil membeli saham. Padahal harga beli saya sudah sama dengan harga penutupan kemarin. Tapi tetap saja, Tuan Pasar tidak mau melepas saham Media Nusantara Citra (MNCN) ini pada harga yang saya inginkan. Ya sudah, terpaksa cari saham lain lagi.