[Update]Membeli Saham Bank Mandiri (BMRI)

Minggu ini tampaknya lebih ramai daripada minggu-minggu sebelumnnya – setidaknya untukku. Bahkan tepat di awal minggu, dimana kita memulai aktivitas mingguan dari Bursa Saham Indonesia (BEI), sudah ada saham dalam rekomendasi mingguan yang memberikan sinyal beli. Ya, saya telah membeli saham Indofood (INDF) pas senin kemarin. Sekarang sudah ada sinyal beli kembali pada salah satu saham yakni saham Bank Mandiri (BMRI).

Ya, saya akan berusaha membeli saham Bank Mandiri (BMRI) hari ini. Sebelumnnya, mari kita bahas mengapa saya memutuskan untuk membeli saham ini. Mari kita lihat pada chart saham Bank Mandiri di bawah:

Beli-Saham-Bank-Mandiri-BMRI

Dari gambar chart di atas, dapat kita lihat bahwa MACD histogram hijau telah terbentuk setelah beberapa MACD histogram merah. Ini berarti sudah ada sinyal perubahan arah tren dari sebelumnya tren turun (Bearish) ke tren naik (Bullish). Pasukan Jendral Bullish sudah mulai kuat dan siap menyerang balik dan menguasai daerah yang selama ini dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Ini adalah sebuah sinyal untuk kita mulai membeli saham Bank Mandiri (BMRI) ini.

Sekarang, mari kita lihat pada chart pergerakan harganya. Dapat kita lihat bahwa terbentuk candlestick doji kemarin. Ini berarti kekuatan pasukan Jendral Bearish dan Jendral Bullish sedang sama kuat. Dalam hal ini, peluang harga bisa bergerak naik atau turun sama besarnya. Namun, berhubung doji terbentuk tepat di atas MA 20d (yang merupakan support kuat) maka ada kemungkian pergerakan harga akan memantul ke atas.

Jika kita lihat pada volume, maka terjadi penurunan dibanding hari-hari sebelumnnya. Ini berarti para investor sedang wait and see. Ini adalah sinyal kita untuk hati-hati. Kita harus tetap disiplin untuk cutloss jika ternyata harga bergerak berlawanan dengan prediksi kita. Akhirnya, dengan segala pertimbangan yang ada saya memutuskan untuk membeli saham Bank Mandiri (BMRI) pada harga 8300. Ini satu tik di bawah harga sekarang.

Saya menggunakan 50 rupiah sebagai margin keselamatan. Ini sebenarnya cukup agresif karena hanya satu tik dari pergerakan harga saham Bank Mandiri (BMRI). Tapi tak apalah, saya memang sedang dalam mode agresif karena beranggapan bahwa Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang dalam kondisi tren naik (Bullish). Kemana pembelian saham ini akan membawa saya (rugi atau untung)? Mari biarkan saja pasar yang menentukannya.

[Update] Ternyata pasar tidak mau menjual saham Bank Mandiri (BMRI) pada harga 8300. Jadi tidak tambah deh portofolio saya dengan saham Bank Mandiri (BMRI) ini. Kita coba lain kali saja jika ada kembali sinyal beli. 🙂