Catatan Trading, Sebuah Pengantar

Para pembaca setia pasti sudah tahu jika setiap awal minggu (hari senin), sekolahsaham dot com mengeluarkan rekomendasi saham yang berisi saham-saham yang layak diperhatikan dalam seminggu ke depan. Rekomendasi saham mingguan tersebut hanya berisi list saham-saham tanpa ada keterangan lebih lanjut. Ini disengaja agar para pembaca menggunakan rekomendasi tersebut sebagai referensi saja dan difilter lagi menggunakan sistem trading masing-masing.

Namun, baru-baru ini, saya menyadari bahwa bentuk rekomendasi yang seperti itu akan sangat menyesatkan (setidaknya membingungkan) bagi para pemula. Para pemula tidak tahu bagaimana mengeksekusi saham-saham yang terdapat didalamnya. Oleh sebab itu, hadirlah serial Catatan Trading ini. Saya memaksudkan serial Catatan Trading ini membahas bagaimana saya mengeksekusi saham-saham yang terdapat dalam rekomendasi saham mingguan

Catatan Trading Saham

Saya akan menjelaskan secara detail setiap langkah dan alasan yang saya gunakan untuk membeli atau menjual saham yang ada dalam rekomendasi saham mingguan tersebut. Dengan demikian, diharapkan para pemula dapat mengetahui bagaimana alur yang benar untuk menggunakan rekomendasi saham (setidaknya rekomendasi saham mingguan dari sekolah saham dot com ini). Diharapkan akhirnya menjadi terbiasa dan pada akhirnya dapat mandiri dalam trading saham.

Sebagai catatan tambahan, perlu diketahui bahwa sebaik-baiknya rekomendasi dari orang lain, selalu lebih baik menggunakan rekomendasi sendiri. Ini karena profil setiap orang itu unik. Hanya hasil analisa sendirilah yang paling tepat. Dalam hal ini, serial Catatan Trading ini diharapkan dapat menjadi sumber rujukan – sebagai contoh detil bagaimana langkah dalam trading saham dalam keseharian. Hingga pada akhinrya para pemula dapat menganalisa secara mandiri.

Anggaplah serial Catatan Trading ini semacam diari dari transaksi saham yang saya lakukan sehari-hari. Trading saham yang saya lakukan berdasarkan sistem trading yang telah saya buat. Jika sedang tidak ada saham yang sesuai dengan sistem trading saya maka otomatis tidak akan ada artikel terbaru untuk serial ini. Jadi serial ini tidak akan ada rutin setiap harinya. Penerbitannya akan sangat tergantung kondisi bursa saham Indonesia.