Support dan Tren Turun (Bearish)

Seharusnya sudah sering mendengar tentang strategi support dan resistance. Membeli di support dan menjual di resistance. Sayangnya, jarang (atau bahkan tidak pernah) diberitahu juga bahwa strategi support dan resistance ini hanya bekerja baik pada kondisi tertentu. Jadilah banyak orang yang terjebak dalam strategi ini dan akhirnya keluar pendapat bahwa support dan resistance tidak bisa dipegang. Strategi ini dianggap sudah kadaluarsa.

Padahal, sebenarnya strategi support dan resistance ini masih tetap manjur. Tapi ya itu tadi, memang seharusnya tidak diterapkan dalam segala kondisi. Toh memang, pada dasarnya, tidak ada alat yang bisa bekerja sempurna dalam semua kondisi. Selalu ada saja kelemahannya. Demikian juga dengan support dan resistance ini. Strategi ini bisa bekerja sangat baik ketika kondisi pergerakan harga saham dalam tren mendatar (sideaways).

Support Saat Bearish

Strategi support/resistance ini masih dapat bekerja pada tren naik (Bullish) namun hasilnya tidak akan seoptimal pada tren mendatar.  Dan sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya pada tren turun (Bearish). Penggunaan strategi support dan resistance pada tren turun (Bearish) inilah yang sering membuat orang terjebak. Ini karena pada dasarnya saat tren turun, support itu ada untuk ditembus. Harga akan terus bergerak turun.

Pada dasarnya, support tidak berguna dalam hal ini. Bisa saja sih harga akan bergerak naik setelah menyentuh support, namun itu bisasanya hanya sementara saja. Support pada akhirnya akan ditembus. Dan jika tidak sempat keluar (dan biasanya memang tidak sempat), maka akan terjebak dalam penurunan harga yang terus menerus. Tentu kerugian yang ditanggungpun akan sangat besar. Jelas dalam hal ini strategi membeli disupport menjadi jebakan.

Kesimpulannya, dalam memakai strategi membeli disupport, perlu kita camkan bahwa jangan pernah menggunakannya ketika pergerakan harga saham sedang dalam tren turun (Bearish). Ini karena pada tren turun, akan terus dibentuk harga terendah baru. Harga akan terus bergerak turun dalam waktu yang lama. Ia, support itu tetap ada, tapi dalam kondisi ini. Support itu ada untuk ditembus bukan untuk memantulkan.

Comments

  1. selain strategi diatas, adakah strategi support dan resistance yang lainnya?