Seri Indikator Analisis Teknikal: Mengenal Money Flow Index (MFI)

Setelah sekian lama, mari kembali membahas tentang Indikator Analisa Teknikal (TA). Kali ini dibahas mengenai MFI (Money Flow Index). Jika diindonesiakan maka nama indikator ini adalah Indeks Aliran Uang.

Nah, dari namanya saja tentu dapat ditebak apa fungsi dari indikator ini. Ya, betul sekali, indikator ini menunjukkan arah aliran uang secara total (keseluruhan).

Singkatnya, indikator MFI ini memberitahu apakah sedang terjadi aliran uang keluar dari pasar (outflow) atau masuk ke pasar (inflow). Ini pengertian sederhana berdasarkan dari nama indikator.

Tentu saja, jika didalami maka fungsi indikator ini tidak sesederhana namanya. Tapi pengertian sederhana di atas sudah cukup untuk memberi gambaran apakah indikator ini kita butuhkan atau tidak.

Sekarang, mari kita tilik lebih dalam mengenai indikator Money Flow Index (MFI) ini.

Money Flow Index (MFI) termasuk dalam jenis indikator oscillator seperti halnya Relative Strength Index (RSI) atau Stochastic. Lantas mengapa menggunakan MFI jika sama saja?

Tentu saja ada bedanya hingga indikator MFI ini dapat menjadi pilihan dibandingkan indikator oscillator lainnya, Indikator MFI memperhitungkan faktor volume.

Sebagaimana kita ketahui, volume merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam analisa teknikal. Jadi dengan menggunakan MFI maka kita telah memasukkan faktor volume dalam analisa yang kita lakukan.

Seecara matematis:

Money Flow (MF) = Volume x ((Harga Tertinggi + Harga Terendah + Harga Penutupan)/3)

Money Flow (MF) akan positif jika harga saat ini lebih besar dari harga sebelumnnya. Money Flow (MF) akan negatif jika harga saat ini lebih kecil dari harga sebelumnnya.

Nah, MFI dihitung dengan menjumlahkan seluruh Money Flow (MF) ini dalam periode tertentu (periode pengamatan). Berikut rumusnya:

Money Flow Index (MFI) = 100 – (100/(1+∑MF))

Berikut contoh penampakan hasil dari rumus Money Flow Index (MFI):

Money Flow Index (MFI)

Tampak sangat sederhana bukan? Hanya sebuah garis yang begerak menaik dan menurun. Tapi jangan salah, jika tahu cara menggunakannya maka indikator Money Flow Index (MFI) ini sangat powerful untuk membantu trading yang kita lakukan.

Sekian dulu mengenai indikator Money Flow Index (MFI) ini. Sesuai judul, artikel kali ini sebatas pengenalan hingga kita tahu ada yang namanya indikator analisa teknikal (TA) yang bernama Money Flow Index (MFI).

Juga mengetahui bagaimana pembentukannya, bagaimana rumusnya, dan bagaimana penampakannya. Untuk lebih dalam tentang bagaimana penggunaannya, akan dijelaskan dalam artikel selanjutnya.

Speak Your Mind

*