Dua Pola Saham Sederhana Yang Harus Diketahui

Pergerakan harga saham itu punya pola tertentu yang selalu berulang.

Kalimat diatas adalah pegangan utama bagi para trader saham yang menggunakan Analisa Teknikal (TA) sebagai alat bantu utamanya. Kalimat diatas hadir bukan ujug-ujug. Bukan hadir sembarangan. Hadir berdasarkan pengamatan dan analisa para teknikalist berpuluh-puluh tahun kebelakang.

Kalimat tersebut adalah intisari dari bebagai hasil analisa teknikal (TA) yang dilakukan di berbagai pasar keuangan di seluruh dunia. Berusaha membaca pola-pola inilah yang sedang dilakukan jutaan para teknikalist di seluruh dunia — termasuk di bursa saham. Membaca pola untuk memprediksi arah pergerakan harga selanjutnya.

Memprediksi arah pergerakan harga menjadi mungkin karena pola-pola tersebut selalu berulang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, jika ingin keuntungan yang maksimal, dapat membaca pola adalah kuncinya. Namun terus-terang saja, untuk dapat membaca semua pola yang ada hampir mustahil.

Ini karena saking banyaknya pola-pola yang ada. Saran Sekolah Saham (berdasarkan pengalaman selama ini), sebaiknya kita fokus pada pola-pola tertentu saja. Tidak usah berusaha mengetahui seluruh pola yang ada. Cukup fokus pada beberapa pola yang dapat kita kuasai secara cepat dan menyeluruh.

Sebagai permulaan, silahkan kuasai dua pola pergerakan saham yang sederhana berikut:

#1. Setelah naik — konsolidasi — kemungkinan besar akan naik lagi

Naik-Konsolidasi-Naik

#2. Setelah turun — konsolidasi — kemungkinan besar akan turun lagi

Turun-Konsolidasi-Turun

Nah, dengan menguasai kedua pola sederhana diatas, sudah cukup untuk menikmati keuntungan yang signifikan dari Bursa Saham. Apalagi jika dipadukan dengan Indikator Analisa Teknikal (TA) lainnya seperti Moving Average (MA), Candlestick, Stochastic, dan sebagainya. Padukan juga dengan rumus dasar tren yakni tren akan terus berlanjut sampai terbukti sebaliknya.

Kuasai pola tersebut dengan sebaik-baiknya. Kuasai dengan cara terus berusaha menemukan kedua pola sederhana tersebut dari berbagai chart yang tersedia. Terus berusaha menemukannya setiap hari. Percayalah, lama-lama (setelah benar-benar memahaminya) kita akan dapat menemukan pola grafik tesebut dengan sangat mudah. Hanya dengan sekilas melihat chart.