Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Sebuah Pengantar

Candlestick adalah sebuah indikator analisis teknikal yang menawarkan informasi lengkap dalam bentuk visual yang mudah untuk dibaca. Tidak heran jika indikator ini sangat populer dikalangan trader saham. Bahkan banyak yang menggunakan Candlestick sebagai “senjata” utama dalam menangguk keuntungan dari bursa saham. Biasanya penggunaan Candlestick didukung oleh “senjata” kedua yang memberikan informasi tambahan sebagai konfirmasi.

Kita telah beberapakali membahas mengenai Candlestick – terutama bagaimana sebuah Candlestick menginformasikan apa yang sedang terjadi di pasar (psikologi pasar). Namun, kita hanya membahas per Candlestick sehingga informasi yang kita peroleh juga terbatas. Kali ini, mari membahas apa informasi yang kita dapat peroleh dari sekumpulan Candlestick yang terbentuk dalam jangka waktu tertentu. Sekumpulan Candlestick ini biasanya membentuk pola-pola tertentu.

Pola Pola Candlestick

Pola-pola yang berbeda akan memberikan informasi yang berbeda pula. Dari pola-pola inilah kita dapat memprediksi apakah harga sebuah saham akan naik atau turun kedepannya. Beberapa pola Candlestick bahkan cukup tepat dalam memprediksi (berdasarkan data historis) sehingga tidak memerlukan konfirmasi lagi. Ya, sebuah sinyal beli/jual dari pola Candlestick telah cukup untuk membuat keputusan tanpa perlu menunggu konfirmasi.

Tapi, demi meminimalkan resiko, tidak ada salahnya kita menunggu konfirmasi sebelum bertindak berdasarkan sinyal dari pola Candlestick – bahkan jika pola itu dikenal sebagai pola yang sangat tepat sekalipun. Dalam serial artikel Pola-Pola Candlestick ini kita akan membahas berbagai pola yang mungkin terbentuk dan informasi apa yang dapat kita peroleh darinya. Pola-pola ini secara umum terbagai menjadi dua yakni pola Bullish (prediksi harga akan naik) dan pola Bearish (prediksi harga akan turun)

Jadi kita akan mempelajari bagaimana cara membaca pola-pola Candlestick agar kita dapat memprediksi bahwa harga akan turun atau naik kedepannya. Berdasarkan informasi ini, diharapkan kita dapat membuat keputusan yang tepat dalam membeli atau menjual saham. Kita juga akan mempelajari bagaimana mengetahui sebuah tren akan berbalik arah sehingga kita dapat memaksimalkan keuntungan sembari meminimalkan resiko. Sebuah impian setiap trader saham bukan?