Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Three White Soldiers

Bullish Three White Soldiers adalah pola candlestick yang mempunyai ketepatan sangat tinggi. Berarti kita dapat menggunakannya tanpa perlu menunggu konfirmasi terlebih dahulu. Pola candlestick ini dibentuk oleh tiga buah candlestick. Tiga buah candlestick putih berbatang panjang tepatnya. Perlu dicatat, pola ini terjadi setelah sebuah tren turun (Bearish) terjadi. Ini berarti pola candlestick ini adalah pertanda dari awal sebuah tren naik (Bullish).

Dalam kata lain, pola candlestick Bullish Three White Soldiers ini adalah sebuah sinyal beli. Sinyal yang memberitahu bahwa kita sudah dapat mulai membeli saham. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat gambar di bawah:

Pola Candlestick Bullish Three White Soldiers

Dapat dilihat, setelah tren turun (Bearish), ada tiga candlestick putih berbatang panjang yang terbentuk. Untuk kemudahan, mari kita anggap kejadian ini terjadi dalam jangka waktu harian. Jadi, tiga candlestick tersebut terbentuk dalam tiga hari. Mari kita analisa candlestick hari demi hari. Pada hari pertama, ada sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini berarti pasukan Jendral Bullish telah benar-benar menguasai pertempuran.

Dapat dianggap bahwa pertempuran berjalan berat sebelah. Sama sekali, tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Diprediksi bahwa esok hari, pasukan Jendral Bullish masih akan menguasai pertempuran. Dan ternyata terbukti. Pada hari kedua sebuah candlestick putih berbatang panjang terbentuk. Candlestick ini mempunya harga pembukaan dan penutupan lebih tinggi dari hari pertama.

Berarti pasukan Jendral Bullish semakin kuat dan dapat terus merangsek maju ke daerah pasukan Jendral Bearish. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus merangsek maju keesokan harinya. Ternyata, prediksinya masih benar. Pada hari ketiga, sebuah candlestick putih berbatang panjang terbentuk. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan dan penutupan yang lebih tinggi dibanding harga kedua.

Ini berarti, pasukan Jendral Bullish masih terus merangsek maju jauh kedalam daerah pasukan Jendral Bearish. Perlawanan pasukan Jendral Bearish benar-benar telah dihancurkan. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus menguasai pertempuran dalam hari-hari kedepan. Harga saham akan terus naik. Tentu, ini adalah sebuah sinyal beli yang kuat. Kita boleh mulai membeli saham.

Sebenarnya, pola candlestick Bullish Three White Soldiers ini telah terkandung konfirmasi didalamnya. Ada dua konfirmasi bahkan. Candlestick hari kedua dan ketiga adalah sebuah konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar menguasai pertempuran. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Three White Soldiers

Saya telah menambahkan dua garis konfirmasi pada gambar. Dapat kita lihat bahwa candlestick hari kedua dan hari ketiga merupakan sebuah konfirmasi bagi candlestick hari sebelumnnya. Dalam hal ini, kita memiliki dua konfirmasi. Inilah yang membuat pola candlestick Bullish Three White Soldiers ini adalah sebuah sinyal beli yang sangat kuat. Kita dapat langsung membeli saham setelah pola candlestick ini terbentuk.