Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Three Stars In South

Sebelumnya, sekolah saham telah membahas tentang pola candlestick Bullish River Three Bottom. Kali ini, akan dibahas pola candlestick lainnya – pola candlestick Bullish Trhee Stars in South. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sebuah tren turun (Bearish) telah berakhir dan tren naik (Bullish) sedang dimulai. Jika kita mulai membeli saham pada titik ini, potensi keuntungan akan sangat besar.

Namun, perlu diingat bahwa pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan menengah yang berarti masih besar kemungkinan tidak terjadi pembalikan arah dari Bearish menuju Bullish. Jadi, akan sangat bijak untuk menunggu konfirmasi sebelum mulai membeli saham. Untuk lebih memahami informasi yang terkandung dalam pola candlestick Bullish Three Stars In South ini, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Three Stars In South

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bullish Three Stars in South terdiri dari tiga buah candlestick hitam dengan badan yang semakin pendek. Ini cukup unik karena sebuah pola candlestick Bullish ternyata dibentuk oleh candlestick berwarna hitam. Perlu dicatat bahwa pola candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren turun (Bearish) yang panjang. Untuk mempermudah pemahaman, mari asumsikan pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang dengan ekor bawah yang panajang. Ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran. Mereka berhasil merangsek jauh ke daerah pasukan Jendral Bullish. Namun, pada akhir pertempuran, pasukan Jendral Bullish berhasil melakukan serangan balasan yang sangat kuat.

Pasukan Jendral Bearish terdesak mundur hingga ke separuh daerah yang telah dikuasai pada awal pertempuran. Memang, pasukan Jendral Bearish masih-lah sang pemenang. Mereka masih dapat menguasai daerah yang lumayan besar. Namun, perlawanan pasukan Jendral Bullish pun tidak bisa dipandang enteng. Apun bisa terjadi pada hari kedua. Jadi, mari kita lihat candlestick hari kedua. Terbentuk sebuah candlestick hitam.

Candlestick hitam ini mempunya batang dan ekor bawah yang lebih pendek dari hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa serangan pasukan Jendral Bearish semakin melemah atau dapat juga dibaca bahwa perlawanan pasukan Jendral Bullish semakin menguat. Dapat diprediksi bahwa tren pelemahan serangan pasukan Jendral Bearish dan penguatan perlawanan pasukan Jendral Bullish akan diteruskan pada hari-hari selanjutnya.

Dan benar saja, pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang lebih pendek dari hari kedua. Ini memberitahu ka bahwa pasukan Jendral Bearish semakin lemah dan pasukan Jendral Bullish semakin kuat. Memang sih, pasukan Jendral Bearish masih keluar sebagai pemenang, Namun, dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan terus melemah sehingga pada akhirnya akan kalah juga.

Tentu, kekalahan pasukan Jendral Bearish masih hanya prediksi saja. Tingkat kepastiannya belum cukup tinggi. Apapun masih bisa terjadi. Bisa saja tiba-tiba pasukan Jendral Bearish berhasil memperolah kembali kekuatannya. Jadi, sebaiknya kita menunggu konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mendominasi pertempuran sebelum memutuskan untuk mulai membeli saham.

Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Three Star In South

Telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar diatas. Dapat dilihat bahwa candlestick putih tersebut telah menembus keatas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih kuat dari pasukan Jendral Bearish. Bahkan jika dibandingkan dengan kekuatan hari pertama sekalipun. Ini berarti harga saham akan terus naik.