Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Three Outside Up

Sesuai namanya, Bullish Three Outside Up adalah pola candlestick yang terdiri dari tiga buah candlestick. Pola candlestick ini adalah salah satu dari pola candlestick yang memiliki ketepatan sangat tinggi, sehingga dapat digunakan tanpa menunggu konfirmasi. Three Outside Up adalah pola candlestick Bullish yang berarti harga diprediksi akan naik setelah pola ini terjadi. Ini adalah pola yang memberitahu kita bahwa tren akan berubah dari tren turun (Bearish) ke tren naik (Bullish).

Dengan kata lain, pola candlestick ini memberitahu kita dasar dari sebuah tren turun (Bearish) yang telah terjadi cukup lama. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar di bawah:

Pola Candlestick Bullish Three Outside Up

Dapat kita lihat, ada tiga buah candlestick yang terbentuk setelah tren turun (Bearish) yang cukup lama. Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick Bullish Three Outside Up ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, ada candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih sangat menguasai pertempuran. Diprediksi, keesokan harinya. masih tetap menguasai pertempuran.

Untungnya, prediksi tersebut ternyata salah. Ternyata, pasukan Jendral Bullish berhasil bangkit, dan dapat memukul mundur pasukan Jendral Bearish hingga jauh ke belakang. Kejadian ini ditunjukkan oleh sebuah candlestick putih yang lebih panjang dari candlestick hari pertama. Candlestick ini juga memberitahu bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih kuat dibanding kekuatan pasukan Jendral Bearish pada hari pertama.

Dapat diprediksi bahwa kemungkinan besar harga akan terus naik untuk hari-hari selanjutnya. Prediksi ini kemudian terbukti benar. Pada hari ketiga, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan yang tidak jauh dari harga penutupan hari kedua. Ini membuat seolah-olah candlestick ini terbang di atas jika dibandingkan candlestik hari pertama dan juga hari kedua.

Ini mengkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar kuat, bahkan lebih kuat dari hari kedua (yang juga telah sangat kuat jika dibanding dengan kekuatan pasukan Jendral Bearish pada hari pertama). Sudah tidak ada lagi perlawanan pasukan Jendral Bearish, sehingga dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus merangsek maju di hari-hari kedepan. Harga akan terus bergerak naik dalam jangka waktu yang lama.

Ini jelas adalah sebuah sinyal beli. Kita harus mulai membeli saham setelah pola candlestick Three Outside Up ini terbentuk. Tidak perlu menunggu konfirmasi lagi karena sudah ada konfirmasi di dalamnya. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Three Outside Up

Pada gambar di atas telah saya tambahkan sebuah kotak dan sebuah gari konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa sebenarnya pola candlestick Bullish Three Outside Up, terdiri dari pola candlestick Bullish Engulfing dengan sebuah konfirmasi. Jadi, tidak heran jika pola candlestick ini dinyatakan memiliki tingkat ketepatan tinggi sehingga tidak butuh konfirmasi lagi. Toh, ternyata jelas sudah ada konfirmasi di dalam pola ini sendiri.