Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Stick Sandwich

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai pola candlestick Bullish Homing Pigeon yang mempunyai tingkat ketepatan menengah. Kali ini, kita kembali membahas pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah lainnya, pola candlestick Bullish Stick Sandwich. Berhubung tingkat ketepatnnya cuma menengah, konfirmasi menjadi hal penting dalam hal ini. Konfimasi bahwa kita sudah boleh mulai membeli saham.

Ya, pola candlestick ini memang dikenal sebagai sinyal beli yang merupakan pertanda bahwa sebuah tren turun (Bearish) telah berakhir dan tren naik (Bullish) sedang dimulai. Titik pembalikan arah ini adalah waktu yang paling tepat untuk membeli saham. Untuk lebih memahami informasi dari pola candlestick Bullish Stick Sandwich ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Stick Sandwich

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bullish Stick Sandwich ini dibentuk oleh tiga buah candlestick – dua buah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah candlestick putih berbatang panjang. Untuk mempermudah analisa, mari asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Perlu dicatat juga bahwa pola candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren turun (Bearish) yang cukup lama.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Diprediksi bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bearish masih akan memenangkan pertempuran. Untungnya, prediksi ini terbukti salah. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita ada perlawanan yang sangat kuat dari pasukan Jendral Bullish.

Saking kuatnya, pasukan Jendral Bearish terdesak mundur hingga jauh ke daerahnya. Melihat hal ini, kemungkinan besar, pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran pada keesokan harinya. Prediksi ini tampak benar di awal pertempuran hari ketiga. Pasukan Jendral Bullish berhasil mendesak mundur pasukan Jendral Bearish lebih jauh lagi. Sayangnya, pasukan Jendral Bearish berhasil menemukan kekuatannya kembali.

Mereka dapat melakukan serangan balasan yang sangat kuat dan mendesak mundur pasukan Jendral Bullish kembali ke titik awal. Ini pertanda buruk. Dapat dianggap bahwa pasukan Jendral Bearish masih punya kekuatan untuk kembali mendominasi pertempuran. Untungnya, pertahanan pasukan Jendral Bullis di titik awal sangat kuat. Buktinya, pasukan Jendral Bearish yang sedang kuat-kuatnya, gagal untuk merangsek lebih maju lagi.

Ini memberitahu kita bahwa sangat kecil kemungkinannya bahwa pasukan Jendral Bullish akan terpukul mundur pada titik ini. Yang ada adalah pasukan Jendral Bearish akan mulai kelelahan sehinga pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran. Namun, peluang pertahanan Jendral Bullish tertembus masih ada. Inilah mengapa kita perlu menunggu konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish menjadi lebih kuat dari pasukan Jendral Bearish.

Untuk memahami bagaimana konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Stick Sandwich

Saya telah menambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Dapat dilihat bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih besar dibandingkan kekuatan pasukan Jendral Bearish. Terkonfirmasi sudah bahwa pasukan Jendral Bullish mendominasi pertempuran. Harga saham akan terus naik.