Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Piercing Line

Bullish Piercing Line adalah salah satu pola candlestick yang memberitahukan bahwa kemungkinan besar harga akan bergerak naik (Bullish) setelahnya. Sama seperti Bullish Abandoned Baby, pola candlestick ini dianggap mempunyai ketepatan yang sangat tinggi sehingga tanpa konfirmasipun, kita boleh bertindak. Kita boleh mulai membeli saham. Dengan memahami apa yang terjadi pada pola candlestick ini, niscaya kita akan dapat memahami tindakan apa yang akan kita ambil setelahnya.

Oleh karena itu, mari kita coba memahami bagaimana pola candlestick Bullish Piercing Line ini terbentuk dan apa pesan yang terkandung di dalamnya.

Pola Candlestick Bullish Piercing Line

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa setelah penurunan harga yang terjadi lama, ada sebuah candlestick hitam yang panjang. Candlestick ini memberi tahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih sangat menguasai pertempuran. Dalam situasi ini, prediksinya adalah pasukan Jendral Bearish masih akan tetap menguasai pertempuran untuk keesokan harinya. Untungnya, pada hari kedua ternyata prediksi itu terbukti salah.

Terbentuk candlestick putih yang panjang pada hari kedua. Fakta yang terjadi adalah harga pembukaan hari kedua lebih kecil dari harga penutupan hari pertama. Harga penutupan hari kedua lebih kecil dari harga pembukaan hari pertama. Harga penutupan hari kedua lebih tinggi dari harga tengah hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah mempunyai kekuatan untuk melancarkan serangan balasan.

Dapat juga diartikan bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah melemah sehingga akhirnya dapat dipukul mundur. Dalam hal ini, memang, pasukan Jendral Bullish belum dapat menguasai seluruh daerah yang pada hari sebelumnya telah direbut oleh pasukan Jendral Bearish. Namun, setidaknya, pasukan Jendral Bullish telah merebut lebih dari setengahnya. Ini adalah sebuah tanda (sinyal) yang sangat bagus.

Seperti yang telah disebutkan di atas, pola candlestick Piercing Line ini adalah pertanda bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah melemah sementara kekuatan pasukan Jendral Bullish terus menguat. Dapat diprediksikan, pasukan Jendral Bullish akan terus merangsek maju untuk menguasai daerah-daerah yang masih dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Harga saham akan terus bergerak naik dalam jangka waktu yang lama. Sebuah sinyal beli tentunya.

Seperti halnya pola candlestick Bullish Abandoned Baby, Pola Piercing Line ini telah terkandung konfirmasi di dalamnya. Konfirmasinya adalah bahwa pasukan Jendral Bullish telah dapat merebut lebih dari setengah daerah pasukan Jendral Bearish hari sebelumnya. Ini adalah konfirmasi yang kuat bahwa pasukan Jendral Bullish akan menguasai pertempuran di hari-hari selanjutnya. Namun, seperti biasa, tidak ada salahnya kita mengurangi resiko dengan menunggu konfirmasi lainnya.

Mari menunggu apakah pasukan Jendral Bullish benar-benar dapat menguasai pertempuran pada hari selanjutnya. Kita menanti apakah pasukan Jendral Bullish pada akhirnya dapat merebut seluruh daerah yang dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish pada hari pertama dan terus merangsek maju ke daerah Jendral Bearish. Konfirmasi yang kita nantikan adalah ketika pasukan Jendral Bullish dapat melebihi pencapaian yang diperoleh oleh pasukan Jendral Bearish pada hari pertama.

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Bullish Piercing Line

Telah ditambahkan sebuah candlestick berbatang putih dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Pesan yang dapat kita peroleh dari gambar tersebut adalah pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish dapat melebihi pencapaian pasukan Jendral Bearish pada hari pertama. Pasukan Jendral Bullish berhasil menyerang jauh ke dalam daerah yang sebelumnya dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Ini mengkonfirmasi bahwa harga saham akan naik pada hari-hari selanjutnya. Sebuah sinyal beli yang kuat. Saat tepat untuk membeli saham tentunya.