Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Morning Star

Bullish Morning Star adalah salah satu dari tujuh pola candlestick yang memiliki tingkat ketepatan tinggi. Pola candlestick ini dapat digunakan tanpa perlu menunggu konfirmasi lagi. Pola candlestick ini dibentuk oleh tiga candlestick dan memiliki kemiripan dengan pola candlestick Bullish Abandoned Baby. Perbedaannya pada bentuk candlestick kedua. Morning Star dengan candlestick berbatang pendek, sedangkan Abandoned Baby dengan candlestick doji. Selain perbedaan tersebut, keduanya benar-benar mirip.

Pola candlestick Bullish Morning Star memberi-tahu kita bahwa kemungkinan besar harga akan bergerak naik setelahya. Dalam kata lain, kita dianjurkan untuk mulai membeli saham, tepat setelah pola candlestick ini terbentuk. Untuk lebih memahami pesan dari pola candlestick ini mari kita lihat terlebih dahulu gambar di bawah:

Pola Candlestick Bullish Morning Star

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa ada tiga candlestick yang membentuk pola Bullish Morning Star ini. Demi kemudahan, mari asumsikan bahwa pola ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Setelah penurunan harga dalam jangka waktu lama, pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick berbatang hitam yang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih menguasai pertempuran.

Samapai disini, diprediksi bahwa tren turun (Bearish) masih berlanjut dan harga saham akan masih terus bergerak turun. Untungnya, pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang pendek dengan adanya gap ke bawah dari candlestick hari pertama. Ini memberi tahu kita, pada awal hari kedua, pasukan Jendral Bearish masih sangat kuat sehingga dapat mendorong mundur pasukan Jendral Bullish (ditunjukkan oleh gap dan harga pembukaan hari kedua yang rendah).

Namun, ternyata, kekuatan pasukan Jendral Bullish sudah mulai bangkit hingga akhirnya dapat memberi perlawanan yang sengit. Bahkan, walau tidak terlalu jauh, dapat memukul mundur pasukan Jendral Bearish. Ini ditunjukkan oleh batang candlestick yang berwarna putih. Perlu diingat bahwa candlestick pada hari kedua ini tidak harus berwarna putih. Berwarna hitam juga boleh selama batangnya pendek. Analisanya akan tetap sama dengan yang berbatang putih.

Hanya saja, candlestick berbatang hitam memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah mulai melemah. Alih-alih, pasukan Jendral Bullish telah mulai mendapatkan kekuatannya seperti jika berbatang putih. Hanya itu perbedaannya. Selainnya sih sama saja. Apalagi hasil akhirnya. Sejauh ini, dapat kita harapkan bahwa tren naik sudah dimulai. Ya, harga akan segera bergerak naik. Prediksi ini ternyata dikonfirmasi oleh candlestick pada hari ketiga.

Pada hari ketiga, terbentuk candlestick putih berbatang panjang dengan gap ke atas yang cukup signifikan. Candlestick ini memberi tahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar menguasai pertempuran, dan telah dapat merangsek maju jauh ke wilayah yang sebelumnnya dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Dalam hal ini, prediksi tren naik pada hari kedua telah dikonfirmasi. Kemungkinan besar harga akan terus bergerak naik. Waktunya untuk membeli saham.

Berhubung telah ada konfirmasi di sini. Kita boleh mulai membeli tanpa perlu menunggu konfirmasi lainnya. Namun, seperti biasa, jika ingin kepastian lebih tinggi serta resiko yang lebih rendah, kita wajib menunggu konfirmasi lainnya. Kita dapat menggunakan candlestick selanjutnya sebagai konfirmasi. Dalam hal ini kita menunggu candlestick putih yang benar-benar menunjukkan bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah melewati kekuatan pasukan Jendral Bearish.

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat gambar di bawah:

Konfirmasi Bullish Morning Star

Pada gambar di atas, saya telah menambahkan sebuah garis konfirmasi dan sebuah candlestick putih berbatang panjang. Dapat kita lihat bahwa harga penutupan pada hari keempat telah di atas harga pembukaan pada hari pertama. Ini berarti, pasukan Jendral Bullish telah berhasil menembus benteng terkuat dari pasukan Jendral Bearish, dan bakal terus merangsek maju untuk merebut daerah-daerah yang selama ini berada dalam kekuasaan Jendral Bearish.

Diprediksi harga saham akan terus bergerak naik dalam jangka waktu yang lama. Ini pertanda bahwa tren naik (Bullish) yang kuat telah dimulai. Merupakan saat tepat untuk mulai membeli saham. Potensi keuntungan sangat besar sementara resiko telah mengecil. Dalam hal ini, kita dapat menganggap bahwa pola candlestick Bullish Morning Star ini adalah dasar dari sebuah tren turun (Bearish) dan awal dari sebuah tren naik (Bullish).