Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Matching Low

Kita telah membahas pola candlestick Bullish Doji Star pada artikel sebelumnya. Kali ini, mari kita bahas tentang pola candlestick Bullish Matching Low. Pola candlestick ini memiliki tingkat ketepatan menengah. Ini berarti menunggu konfirmasi sebelum bertindak adalah langkah yang bijak. Dapat dikatakan peluang kenaikan setelah pola candlestick ini terbentuk, masih 50% (kurang lebih). Jadi, sangat dianjurkan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu.

Juga, pola candlestick ini adalah sebuah pola candlestick Bullish. Ini berarti pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish). Jelas ini adalah titik beli dengan potensi keuntungan yang maksimal. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Matching Low

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bullish Matching low dibentuk oleh dua buah candlestick hitam berbatang panjang. Kedua candlestick ini mempunyai harga penutupan yang sama. Untuk mempermudah, mari mengasumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, terbentuk candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya.

Dapat diprediksi bahwa harga saham masih akan terus turun pada hari-hari selanjutnya. Pada hari kedua, terbentuk candlestick hitam berbatang panjang. Candlestick ini mempunyai harga pemebukaan yang lebih rendah dari harga pembukaan hari pertama dan harga penutupan yang sama dengan hari pertama. Ini memberitahu kita bahwa pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bullish dapat menguasai pertempuran.

Kemudian, pasukan Jendral Bearish melakukan serangan balasan hingga pasukan Jendral Bullish kembali terdesak mundur. Dalam hal ini pasukan Jendral Bearish masih sebagai pemenang. Namun, sudah mulai terlihat perlawanan dari pasukan Jendral Bullish. Ini pertanda bagus karena sebelumnnya, sama sekali tidak ada perlawanan. Dapat dilihat juga bahwa pergerakan pasukan Jendral Bearish telah stagnan.

Ya, pasukan Jendral Bearish tidak dapat bergerak lebih maju lagi. Ini bisa karena kekuatan pasukan Jendral Bearish mulai melemah atau kekuatan pasukan Jendral Bullish yang mulai menguat. Yang manapun terjadi pesannya sama yakni bahwa arah angin sedang bergerak ke pasukan Jendral Bullish. Ada kemungkinan bahwa pasukan Jendral Bullish akan memenangkan pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus naik.

Dalam hal ini kita masih bicara peluang. Peluang tersebut bisa terjadi dan bisa tidak. Oleh karenanya, sangat bijak untuk menunggu dulu apakah peluang ini benar-benar terjadi. Ya, disarankan untuk mengunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli. Mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Matching Low

Saya telah menambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Dapat dilihat bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar menguasai pertempuran. Telah terkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish jauh lebih kuat dari pasukan Jendral Bearish. Harga saham akan terus naik. Saatnya untuk mulai membeli.