Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Long Legged Doji

Kali ini mari kita bahas mengenai pola candlestick Bullish Long Legged Doji. Pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan yang lebih rendah dari ketujuh pola candlestick bullish dengan ketepatan tinggi. Ya, pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan menengah. Tidak seperti pada pola candlestick dengan ketepatan tinggi, konfirmasi menjadi faktor penting untuk pola candlestick Bullish Long Legged Doji ini.

Disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum bertindak berdasarkan informasi yang terkandung dalam pola candlestick ini. Ok, mari mulai membahas pola candlestick Bullish Long Legged Doji lebih detail.

Pola Candlestick Bullish Long Legged Doji

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bullish Long Legged Doji dibentuk oleh hanya satu buah candlestick. Candlestick ini adalah sebuah candlestick doji dengan ekor atas dan bawah yang panjang. Perlu dicatat bahwa candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren turun (bearish) yang sudah berlangsung cukup lama. Candlestick ini memberitahu kita bahwa telah terjadi pertempuran yang sangat hebat.

Pertempuran antara pasukan Jendral Bearish dengan pasukan Jendral Bullish tentunya. Awalnya, pasukan Jendral Bearish meneruskan dominasinya. Mereka merangsek maju jauh kedaerah pasukan Jendral Bullish. Kemudian, pasukan Jendral Bullish memperoleh kekuatan untuk melakukan serangan balasan. Mereka bahkan cukup kuat untuk terus memukul mundur pasukan Jendral Bearish hingga jauh.

Kemudian, pasukan Jendral Bearish berusaha mendesak pasukan Jendral Bullish mundur kembali. Pasukan Jendral Bullish tidak mau menyerahkan dominasi begitu saja, mereka melakukan perlawanan dengan sangat bersemangat. Kedua pihak terus saling menyerang dan bertahan. Hingga akhir pertempuran, bisa dibilang tidak ada pemenang. Kekuatan pasukan Jendral Bearish dan pasukan Jendral Bullish benar-benar sama kuat.

Jika melihat hanya candlestick doji tersebut, belum dapat ditentukan kemana arah angin kemenangan untuk pertempuran selanjutnya. Namun, jika kita merangkai dengan situasi yang terjadi sebelumnnya bahwa tren turun (bearish) lah yang sedang berlangsung, pola candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish telah mulai kelelahan. Dilain sisi, pasukan Jendral Bullish sedang memperoleh kembali kekuatannya.

Dapat diprediksi bahwa pada pertempuran selanjutnya, kemungkinan besar pasukan Jendral Bullish akan keluar sebagai pemenang. Inilah mengapa pola candlestick ini digolongkan sebagai pola candlestick bullish. Namun, peluangnya belumlah terlalu meyakinkan. Peluang bahwa pasukan Jendral Bearish kembali menang juga masih cukup besar. Dalam hal ini kita perlu lebih memastikan lagi kemana arah angin bergerak.

Kita perlu menunggu konfirmasi. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat gambar dibawah:

Konfirmasi Bullish Long Legged Doji

Telah ditambahkan sebuah candlestick putih dan sebuah garis konfirmassi pada gambar diatas. Tampak bahwa candlestick putih tersebut menembus garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran untuk kedepanya. Harga saham akan terus naik.