Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Ladder Bottom

Kembali, kita membahas pola candlestick. Kali ini kita membahas pola candlestick Bullish Ladder Bottom. Sama seperti halnya pola candlestick Bullish Three River Bottom, pola candlestick Bullish Ladder Bottom ini juga merupakan pola candlestick Bullish dengan tingkat ketepatan menengah. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa tren turun (Bearish) sudah berakhir dan tren naik (Bullish) sedang dimulai.

Tentu ini adalah titik beli terbaik karena diprediksi harga saham akan terus naik. Namun, tingkat ketepatan prediksi ini belum cukup tinggi – masih besar kemungkinan salahnya. Oleh sebab itu, merupakan sebuah tindakan yang bijak untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli. Untuk lebih memahami bagaimana pola candlestick Bullish Ladder Bottom ini terbentuk dan apa informasi yang terkandung di dalamnya, mari lihat gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Ladder Bottom

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bullish Ladder Bottom ini terdiri dari lima buah candlestick – jumlah candlestick terbanyak sejauh ini. Ada tiga buah candlestick hitam berbatang panjang, sebuah candlestick hitam berbatang pendek dengan ekor atas panjang, dan sebuah candlestick putih berbatang panjang. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, ada sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Mereka terus merangsek maju hingga jauh ke daerah pasukan Jendral Bullish. Belum ada perlawanan signifikan dari pasukan Jendral Bullish. Kondisi ini terus berlangsung hingga hari ketiga. Tampak dari candlestick pada hari kedua dan ketiga yang sama dengan hari pertama.

Harga penutupan pun terus menurun pada hari kedua dan hari ketiga. Pasukan Jendral Bearish benar-benar terus mendominasi pertempuran selama tiga hari kebelakang. Diprediksi, pasukan Jendral Bearish akan terus mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Untungnya, prediksi ini terbukti salah. Pada hari keempat, ada sebuah candlestick hitam berbatang pendek dengan ekor atas yang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish sudah tidak dominan lagi dan sudah ada perlawanan yang kuat dari pasukan Jendral Bullish. Secara detail, pada awal pertempuran, pasukan Jendral Bullish dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish. Kemudian, pasukan Jendral Bearish memperoleh kembali kekuatannya dan dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish. Hingga, pada akhirnya pasukan Jendral Bearish masihlah sang pemenang.

Memang pasukan Jendral Bearish masih sang pemenang pada hari keempat ini namun poinnya bukan disitu. Poinnya seperti yang telah disebutkan, dominasi pasukan Jendral Bearish berhasil dipatahkan. Akhirnya, pasukan Jendral Bearish cuma menang tipis. Sudah ada kemungkinan pasukan Jendra Bullish dapat memenangkan pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Dan kemungkinan ini akhirnya menjadi kenyataan.

Pada hari kelima, ada sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa arah angin telah benar-benar berbalik. Pasukan Jendral Bullish berhasil mendominasi pertempuran sepanjang hari kelima. Hampir tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Jelas dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus mendominasi pertempuran dalam hari-hari selanjutnya. Terlihat sudah sangat jelas kondisinya bukan?

Namun, karena sebelumnya – terutama pada tiga hari pertama –, pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran, dikhawatirkan sisa-sisa kekuatan mereka masih cukup kuat untuk membalikkan keadaan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menunggu konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish benar-benar telah hancur. Untuk memahami mengenai konfirmasi ini, mari kita lihat gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Ladder Bottom

Telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Tampak bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat disimpulkan bahwa pasukan Jendral Bullish akan benar-benar mendominasi pertempuran dalam jangka waktu yang lama. Harga saham akan terus naik.