Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bullish Inverted Hammer

Setelah secara lengkap membahas pola candlestick Bearish dengan tingkat ketepatan menengah, kembali sekolah saham membahas mengenai pola candlestick. Kali ini akan dibahas mengenai pola candlestick Bulish Inverted Hammer. Pola candlestick ini memberitahu bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari sebelumnya tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish). Tentu ini adalah sebuah pertanda bahwa kita harus mulai membeli saham.

Namun, tunggu dulu. Ternyata pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan rendah. Ini berarti tidak heran jika yang terjadi setelahnya adalah masih meneruskan tren turun (Bearish). Akan sangat merugikan jika kita sudah terlanjur membeli saham bukan? Oleh karenanya, adalah wajib hukumnya untuk menunggu konfirmasi. Konfirmasi bahwa tren naik (Bullish) lah yang terjadi setelahnya. Untuk lebih memahami pola candlestick ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Inverted Hammer

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bullish Inverted Hammer dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick berbatang pendek dengan ekor atas yang panjang. Candlestick ini memberitahu kita bahwa pada awalnya pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya dan terus merangsek maju. Kemudian, pasukan Jendral Bullish melancarkan serangan balasan yang sangat kuat hingga dapat memukul mundur pasukan Jendral Bearish hingga jauh.

Kemudian, diakhir pertempuran, pasukan Jendral Bearish berhasil kembali menemukan kekuatannya. Mereka dapat merangsek maju kembali hingga ke titik awal. Situasi ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah dapat mengimbangi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Ini sebuah kemajuan yang sangat signifikan jika melihat bahwa selama ini pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi pertempuran.

Dapatlah diharapkan akan ada perubahan dominasi pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Perubahan dominasi dari pasukan Jendral Bearish menuju dominasi pasukan Jendral Bullish. Namun ini masih sekedar harapan. Pada kenyataannya, kekuatan kedua belah pihak tampak sama kuat. Jadi, kita wajib menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mulai membeli saham.

Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish ternyata telah benar-benar dapat mendominasi pertempuran. Kekuatan bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Inverted Hammer

Telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Tampak bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mendominasi pertempuran. Dapat diprediksi bahwa dominasi ini akan terus berlanjut pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus naik. Saatnya untuk membeli saham.