Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Homing Pigeon

Mari kembali membahas mengenai pola candlestick. Kali ini, kita akan membahas pola candlestick Bullish Homing Pigeon. Seperti halnya pola candlestick Bullish Matching Low, pola candlestick ini juga mempunyai tingkat ketepatan menengah. Seperti yang sudah sering disinggung, tingkat ketepatan menengah berarti kita harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai bertindak.

Tentu kita masih bisa mulai bertindak tanpa menunggu konfirmasi. Hanya saja, resiko masih akan sangat besar. Pola candlestick Bullish Homing Pigeon ini adalah sebuah sinyal beli. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa tren turun (bearish) telah berakhir dan tren naik (bullish) sedang dimulai. Tentu, ini adalah sebuah titik yang paling tepat untuk membeli saham. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Homing Pigeon

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bullish Homing Pigeon ini terbentuk dari dua buah candlestick hitam. Sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah candlestick hitam berbatang pendek. Untuk memudahkan analisa, mari asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang.

Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan menguasai pertempuran pada hari-hari selanjutnya. (Untungnya) Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang pendek. Candlestick ini mempunyai harga pembukaan yang lebih rendah dari harga pembukaan hari pertama dan harga penutupannya lebih tinggi dari harga pertama.

Candlestick hari kedua ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bullish mendominasi pertempuran. Mereka dapat merangsek maju hingga jauh. Kemudian ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish yang memaksa pasukan Jendral Bullish mundur sedikit. Pasukan Jendral Bearish memang sebagai pemenang pada hari ini namun tampak jelas bahwa kekuatan mereka mulai melemah.

Sementara dilain sisi, tampak bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah menguat drastis. Ada kemungkinan bahwa pada hari-hari selanjutnya, pasukan Jendral Bullish akan menguasai pertempuran. Harga saham akan bergerak naik. Namun, ini masih kemungkinan. Sebaiknya kita menunggu dulu hingga terkonfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar menguasai pertempuran. Mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Homing Pigeon

Saya telah menambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Dapat dilihat bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan menguasai pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus naik. Saatnya membeli.