Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bullish Harami

Sebelumnya, telah dibahas mengenai pola candlestick Bullish Belt Holt. Kali ini, sekolah saham akan membahas pola candlestick lainnya – pola candlestick Bullish Harami. Pola candlestick ini merupakan sinyal bahwa sedang terjadi pembalikan arah. Pembalikan arah dari tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish). Tentu ini adalah saat yang tepat untuk mulai membeli saham karena setelahnya, harga akan terus naik.

Sayangnya, pola candlestick Bullish Harami ini memiliki tingkat ketepatan yang rendah. Alih-alih harga terus bergerak naik setelahnya, harga mungkin saja malah terus turun. Meneruskan tren turun (Bearish) yang terjadi. Tapi jangan khawatir. Pola candlestick ini bisa menjadi sinyal yang kuat. Syaratnya harus dikombinasikan dengan konfirmasi. Konfirmasi bahwa tren naik (Bullish) lah yang terjadi setelahnya.

Teruskanlah membaca artikel ini karena semua aspek akan dibahas tuntas mengenai pola candlestick Bullish Harami ini. Termasuk mengenai konfirmasi. Sebagai langkah pertama, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Harami

Tampak bahwa pola candlestick Bullish Harami dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan seubah candlestick putih berbatang panjang. Panjang candlestick hitam lebih panjang daripada candlestick putih sehingga tampak bahwa candlestick hitam seperti mengandung candlestick putih. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish meneruskan dominasinya. Mereka dapat merebut daerah yang sangat luas dari tangan pasukan Jendral Bullish. Belum ada perlawanan berarti dari pasukan Jendral Bullish dalam hal ini. Tidak heran jika diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi keesokan harinya.

Untungnya, prediksi ini terbukti salah. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick putih berbatang panjang – walau tidak sepanjang candlestick hitam hari pertama. Candlestick ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah berhasil mengimbangi dominasi pasukan Jendral Bearish. Bahkan bukan cuma mengimbangi, mereka dapat memukul mundur pasukan Jendral Bearish hingga jauh.

Memang sih, pertahanan kuat pasukan Jendral Bearish yang dibentuk pada hari pertama belum berhasil dihancurkan. Jadi, masih besar kemungkinan pasukan Jendral Bearish akan melakukan serangan kuat sehingga masih meneruskan dominasinya. Namun, setidaknya sudah ada harapan bahwa pasukan Jendral Bullish punya kesempatan. Kesempatan untuk mengakhiri dominasi dari pasukan Jendral Bearish.

Berdasarkan kondisi yang terjadi pada hari kedua ini. Dimana tingkat ketidakpastian cukup tinggi. Diwajibkan bagi kita untuk menunggu konfirmasi. Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah berhasil menghancurkan pertahanan kuat pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahami konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Harami

Pada gambar, telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Tampak bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pertahanan kuat pasukan Jendral Bearish telah berhasil dihancurkan. Pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Harga akan terus naik. Tentu, saatnya untuk mulai membeli saham.