Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick Bullish Hammer

Sekolah saham kembali membahas mengenai pola candlestick. Kali ini, Mari membahas pola candlestick Bullish Hammer. Seperti halnya pola candlestick Bullish Harami, Pola candlestick Bullish Hammer adalah sinyal sedang terjadi perubahan arah. Perubahan arah dari tren turun (Bearish) menjadi tren naik (Bullish). Tentu, ini adalah sebuah pertanda bahwa kita harus mulai membeli saham karena harga akan terus naik.

Namun, tunggu dulu. Jangan terburu-buru membeli. Pola candlestick Bullish Hammer ini mempunyai tingkat ketepatan rendah. Peluangnya cukup besar bahwa tren turun (Bearish) masih akan diteruskan setelah pola candlestick ini terbentuk. Oleh karenanya, diwajibkan untuk menunggu konfirmasi. Konfirmasi bahwa tren naik (Bullish) lah yang terjadi. Untuk lebih memahami cerita dibalik pola candlestick ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Hammer

Tampak bahwa pola candlestick Bullish Hammer ini dibentuk oleh sebuah candlestick. Sebuah candlestick berbatang pendek dengan ekor bawah yang panjang. Tampak bentuknya mirip seperti sebuah palu (hammer). Candlestick ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish yang selama ini dominan, akhirnya dapat diimbangi oleh kekuatan pasukan Jendral Bullish. Ini sebuah pertanda ada kemungkinan akan terjadi perubahan dominasi.

Perubahan dominasi oleh pasukan Jendral Bearish menuju dominasi oleh pasukan Jendral Bullish.Candlestick tersebut menceritakan bahwa awalnya, pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Mereka berhasil merangsek maju cukup jauh. Kemudian, pasukan Jendral Bullish berhasil mengumpulkan kekuatan dan melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Pasukan Jendral Bearish sampai terdesak mundur.

Tentu dapat diharapkan bahwa pasukan Jendral Bullish masih akan terus mendesak mundur pasukan Jendral Bearish pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Namun, dalam hal ini, kekuatan pasukan Jendral Bearish belum benar-benar hancur. Mereka dapat saja melancarkan serangan balasan setiap saat dan kembali mendominasi. Jelas, kita wajib menunggu konfirmasi sebelum memutuskan memihak pasukan Jendral Bullish.

Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mendominasi. Bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish telah benar-benar melemah sehingga hampir tidak mungkin melakukan serangan balasan yang cukup kuat untuk kembali mendominasi. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Hammer

Pada gambar di atas, telah ditambahkan sebuah candlestick hitam berbatang panjang, sebuah candlestick putih berbatang panjang, dan sebuah garis konfirmasi.Tampak bahwa candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish telah benar-benar mendominasi. Tentu ini adalah saat paling tepat untuk membeli saham karena sedang dalam tren naik.