Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Gravestone Doji

Sebelumnya, kita telah membahas pola candlestick Bullish Dragonfly Doji yang merupakan pola candlestick bullish dengan tingkat ketepatan menengah. Kali ini, kita akan membahas satu lagi pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah yakni pola candlestick Bullish Gravestone Doji. Pola candlestick ini juga hanya dibentuk oleh sebuah candlestick yang memberitahu bahwa sedang terjadi pembalikan arah.

Pembalikan arah dari tren turun (bearish) menuju tren naik (bullish). Tentu ini adalah sebuah sinyal agar kita mulai membeli saham. Potensi keuntungan akan sangat besar jika kita berhasil membeli saham pada titik pembalikan arah ini. Untuk lebih memahami pesan yang terkandung dalam pola candlestick Bullish Gravestone Doji, mari kita bahas secara detail.

Pola Candlestick Bullish Gravestone Doji

Dapat kita lihat pola candlestick Bullish Gravestone Doji terbentuk oleh sebuah candlestick doji berekor atas yang panjang. Candlestick ini terbentuk tepat setelah sebuah tren turun (bearish) yang telah lama berlangsung. Candlestick ini memberitahu kita bahwa awalnya, pasukan Jendral Bullish mendominasi pertempuran hingga dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bearish jauh ke daerahnya.

Kemudian, pasukan Jendral Bearish melancarkan serangan balasan sehingga pasukan Jendral Bullish mundur hingga ke titik awal. Pada penutupan, tampak bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan kekuatan pasukan Jendral Bearish sama kuat. Arah angin kemenangan masih belum terbaca dalam hal ini. Seperti yang sudah disinggung pada paragraph awal, pasukan Jendral Bearish benar-benar sedang mendominasi pertempuran sebelumnya.

Jika dirangkai dengan peristiwa tersebut, maka pesan dari pola candlestick Bullish Gravestone Doji inipun menjadi jelas. Pesannya adalah kekuatan pasukan Jendral Bearish mulai melemah sedangkan kekuatan pasukan Jendral Bullish mulai menguat. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan memenangkan pertempuran selanjutnya. Harga saham akan mulai naik. Tentu, tingkat kepastiannya belum cukup tinggi sehingga diperlukan konfirmasi.

Konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar dibawah:

Konfirmasi Bullish Gravestone Doji

Pada gambar diatas, telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Candlestick putih tersebut terlihat menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran kedepannya. Harga saham akan terus naik.