Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Engulfing

Setelah sebelumnya membahas pola candlestick Bullish Gravestone Doji, kali ini, kita akan membahas pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah lainnya – pola candlestick Bullish Engulfing. Pola candlestick ini merupakan sebuah sinyal bahwa tren turun (bearish) yang telah berlangsung lama akan segera berakhir. Tren naik (bullish) akan segera dimulai. Ya, pola candlestick ini adalah pertanda bahwa akan ada pembalikan arah.

Dan seperti yang sudah pernah dibahas, titik pembalikan arah dari bearish menuju bullish adalah titik paling tepat untuk membeli saham. Ini karena pada saat itulah potensi keuntungan terbesar yang dapat diperoleh. Pola candlestick ini dibentuk oleh dua buah candlestick – sebuah candlestick hitam dan sebuah candlestick putih. Untuk lebih memahami pesan dalam pola candlestick ini, mari lihat gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Engulfing

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Bullish Engulfing dibentuk oleh dua buah candlestick. Sebuah candlestick hitam berbatang panjang dan sebuah candlestick putih yang berbatang lebih panjang lagi. Tampak seolah-olah candlestick putih meliputi candlestick hitam yang terbentuk sebelumnya. Untuk mempermudah pembahasan, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, sebuah candlestick hitam berbatang panjang terbentuk. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi pertempuran pada hari selanjutnya. Untungnya, prediksi ini terbukti salah. Alih-alih sebuah candlestick hitam, pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick putih dengan batang lebih panjang dari candlestick hari pertama.

Ini memberitahu kita bahwa pada hari kedua, pasukan Jendral Bullish-lah yang mendominasi pertempuran. Dapat dikatakan bahwa tidak ada perlawanan dari pasukan Jendral Bearish. Pasukan Jendral Bullish dapat merangsek jauh ke daerah yang sebelumnnya dikuasai oleh pasukan Jendral Bearish. Diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya.

Namun, berdasarkan statistika, tingkat ketepatan pola candlestick Bullish Engulfing ini belumlah terlalu tinggi. Masih dapat terjadi hal yang sebaliknya – masih ada peluang bahwa pasukan Jendral Bearish melakukan serangan balasan yang kuat keesokan harinya. Untuk meningkatkan tingkat kepastian hasil prediksi, ada baiknya kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu.

Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari lihat gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Engulfing

Pada gambar, telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Candlestick putih tersebut menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah terkonfirmasi jauh lebih kuat dari kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat dipredisi bahwa dominasi pasukan Jendral Bullish akan berlangsung lama. Harga saham akan terus naik kedepannya.