Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Dragonfly Doji

Setelah sebelumnya membahas pola candlestick Bullish Long Legged Doji, kali ini mari kita bahas pola candlestick lainnya – Bullish Dragonfly Doji. Pola candlestick ini mempunyai tingkat ketepatan menengah. Ini berarti, sebelum mulai membeli saham, kita harus memastikan bahwa informasi yang diberikan telah terkonfirmasi. Ya, konfirmasi menjadi sangat penting peranannya untuk pola candlestick Bullish Dragonfly Doji ini.

Pola candlestick Bullish Dragonfly Doji dibentuk oleh sebuah candlestick. Tidak heran jika tingkat ketepatannya tidaklah terlalu tinggi. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar dibawah:

Pola Candlestick Bullish Dragonfly Doji

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bullish Dragonfly Doji dibentuk oleh sebuah candlestick doji dengan ekor bawah yang panjang. Tanpa ekor atas. Perlu dicatat bahwa candlestick ini terbentuk setelah sebuah tren turun (bearish) yang cukup panjang. Candlestick ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Mereka dapat merangsek maju jauh ke daerah pasukan Jendral Bullish.

Kemudian, entah pasukan Jendral Bearish yang kelelahan atau pasukan Jendral Bullish yang menguat, pasukan Jendral Bearish dapat dipukul mundur oleh pasukan Jendral Bullish. Mundur jauh hingga pasukan Bearish kembali ke titik awal penyerangan. Sebenarnya, jika melihat candlesticknya saja, kita belum tahu apa yang akan terjadi besok. Ini karena kekuatan kedua pasukan terlihat sama kuat pada akhir pertempuran.

Tidak ada pihak yang mengatasi lainnya. Normal jika diprediksi bahwa peluang untuk pertempuran selanjutnya sama besar untuk msing-masing pihak. Namun, jika kita rangkai dengan kondisi sebelumnnya dimana pasukan Jendral Bearish benar-benar mendominasi, maka candlestick doji ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish sedang melemah dan kekuatan pasukan Jendral Bullish menguat.

Dapat diprediksi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish akan semakin lemah dan kekuatan pasukan Jendral Bullish semakin kuat. Pasukan Jendral Bullish akan memenangkan pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus naik. Namun, tentu saja, peluang prediksi ini salah masih cukup besar. Toh, seperti yang sudah dibahas, kekuatan pasukan Jendral Bearish dan pasukan Jendral Bullish sebenarnya sama-sama kuat.

Oleh karenanya, menunggu konfirmasi terlebih dahulu tampaknya menjadi tindakan yang bijak, Menunggu hingga terkonfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk lebih memahaminya, mari lihat gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Dragonfly Doji

Pada gambar, telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Candlestick putih tersebut tampak menembus keatas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih kuat dari kekuatan pasukan Jendral Bearish. Ini berarti pasukan Jendral Bullish akan terus menjadi pemenang pada pertempuran-pertempuran selanjutnya. Harga saham akan terus naik.