Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Doji Star

Sebelumnya, kita telah membahas pola candlestick Bullish Harami Cross  yang punya tingkat ketepatan menengah. Kali ini, kita akan membahas salah satu pola candlestick dengan tingkat ketepatan menengah lainnya, pola candlestick Bullish Doji Star. Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sebuah tren turun (bearish) telah berakhir dan tren naik (bullish) sedang dimulai. Ini adalah sebuah titik untuk mulai membeli saham.

Namun, berhubung tingkat ketepatannya tidak terlalu tinggi, kita perlu menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli saham. Untuk lebih memahami pesan dari pola candlestick Bullish Doji Star ini, mari lihat gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Doji Star

Dapat kita lihat bahwa pola candlestick ini terbentuk oleh satu candlestick doji dengan ekor atas dan bawah yang sama panjang. Candlestick doji ini membentuk sebuah tanda silang (cross) dan letaknya berada dibawah candlestick hitam yang sebelumnnya terbentuk. Candlestick doji ini memberitahu kita bahwa pada awalnya, pasukan Jendral Bearish masih meneruskan dominasinya. Mereka dapat mendesak mundur pasukan Jendral Bullish jauh ke daerahnya.

Kemudian, pasukan Jendral Bullish dapat menyusun pertahanan yang kuat sehingga pasukan Jendral Bearish tidak dapat merangsek maju lebih jauh lagi. Bahkan pasukan Jendral Bullish sempat mendesak mundur pasukan Jendral Bearish. Pada akhirnya kedua pasukan kembali berada dititik awal pertempuran dan tidak ada yang dapat mendominasi pertempuran. Kekuatan pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish benar-benar sama kuat.

Ini berarti belum dapat diprediksi pihak mana yang akan menang pada pertempuran selanjutnya. Namun, perlu dicatat bahwa candlestick doji tersebut terbentuk setelah sebuah dominasi pasukan Jendral Bearish yang kuat dan panjang. Ini berarti candlestick tersebut memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish mulai melemah dan kekuatan pasukan Jendral Bearish mulai menguat.

Dapat diprediksi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish akan terus melemah dan kekuatan pasukan Jendral Bullish terus menguat. Ini berarti pasukan Jendral Bullish akan mendominasi pertempuran kedepannya. Harga saham akan terus naik. Namun, masih ada unsur ketidakpastian dalam hal ini. Bisa saja yang terjadi sebaliknya, malah pasukan Jendral Bearish meneruskan dominasinya.

Oleh karena ini, sebuah konfirmasi sangat penting. Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Untuk memahaminya, mari lihat gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Doji Star

Pada gambar, telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi. Tampak bahwa candlestick putih menembus ke atas garis konformasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mendominasi pertempuran, Terkornfirmasi sudah bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar diatas kekuatan pasukan Jendral Bearish. Harga saham akan terus naik.