Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Concealing Baby Swallow

Kali ini, mari kita bahas pola candlestick Bullish Concealing Baby Swallow. Pola candlestick ini disusun oleh empat buah candlestick. Seperti beberapa pola candlestick yang sudah kita bahas, Concealing Baby Swallow ini juga termasuk pola candlestick dengan ketepatan tinggi. Konfirmasi bukanlah suatu keharusan untuk menggunakannya. Jadi, kita sudah dapat langsung mulai membeli saham, tepat setelah pola candlestick ini terbentuk.

Memahami secara detail tentang pola candlestick Bullish Concealing Baby Swallow akan sangat berguna. Oleh sebab itu, mari kita bahas secara detail bagaimana pola candlestick ini memberikan informasi. Terlebih dahulu, perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Concealing Baby Swallow

Dari gambar di atas, dapat kita lihat bahwa pola candlestick Bullish Concealing Baby Swallow adalah unik. Unik karena ternyata sebuah pola candlestick Bullish dibentuk oleh empat buah candlestick hitam. Untuk lebih mudah memahami informasi di dalamnya, mari kita asumsikan bahwa pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pada hari pertama dan kedua, dapat kita lihat ada candlestick hitam yang panjang.

Kedua candlestick ini memberitahu kita, pada hari pertama dan kedua, pasukan Jendral Bearish masih sangat kuat sehingga mendominasi pertempuran. Mendominasi tanpa perlawanan yang berarti dari pasukan Jendral Bullish. Dengan demikian, sudah sewajarnya, diprediksi bahwa pada keesokan harinya, pasukan Jendral Bearish masih akan menguasai pertempuran. Pergerakan harga saham masih akan menurun.

Dan benar saja, pada hari ketiga, pasukan Jendral Bearish masih keluar sebagai pemenang. Telah terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang pendek dengan ekor panjang ke atas. Ada gap ke bawah dengan candlestick hari kedua. Ini memberitahu kita, pada awalnya, pasukan Jendral Bearish, dengan sangat kuat. menyerang ke daerah pasukan Jendral Bullish. Namun, pada suatu saat (dalam pertempuran hari ketiga), pasukan Jendral Bullish menguat.

Pasukan Jendral Bullish berhasil melakukan serangan balik yang sangat kuat hingga dapat mendesak pasukan Jendral Bearish jauh ke belakang. Sayangnya, pada akhir hari, pasukan Jendral Bearish berhasil memperoleh semangatnya lagi. Mereka melancarkan serangan balasan yang cukup kuat. Pasukan Jendral Bullish kembali dapat didesak mundur ke daerahnya. Pada akhirnya, pasukan Jendral Bearish masih dapat merebut daerah pasukan Jendral Bullish.

Pada hari ketiga ini, kita tidak dapat lagi memprediksi bahwa pasukan Jendral Bearish akan meneruskan dominasinya. Kita telah melihat bahwa pasukan Jendral Bullish telah punya kekuatan, yang berpotensi untuk akhirnya dapat membalikkan keadaan. Dengan informasi tersebut, kita dapat berharap bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bullish mukin akan menguasai pertempuran. Mari kita lihat bersama apa yang terjadi di hari keempat.

Sebuah candlestick hitam berbatang panjang terbentuk. Secara sekilas, ini berarti ternyata harapan kita agar keadaan berbalik, tidak terjadi. Tampaknya pasukan Jendral Bearish masih tetap mendominasi pertempuran pada hari keempat. Namun, jika kita perhatikan lebih detail maka dapat kita lihat bahwa pasukan Jendral Bullish sempat menguasai pertempuran di awal hari. Mereka sempat mendesak pasukan Jendral Bearish jauh ke daerahnya.

Hal ini ditunjukkan oleh harga pembukaan yang jauh di atas harga penutupan hari ketiga. Sayangnya, kemudian pasukan Jendral Bearish dapat melakukan serangan balasan yang sangat kuat. Pasukan Jendral Bullish kembali didesak ke daerahnya. Ini ditunjukkan harga penutupan yang berada di bawah harga pembukaan hari ketiga. Secara kasat mata ini adalah sinyal Bearish. Sinyal bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan menguasai pertempuran keesokan harinya.

Lantas kenapa pola candlestick Concealing Baby Swallow disebut sebagai pola candlestick Bullish? Inilah uniknya. Empat candlestick hitam malah memberi petunjuk Bullish. Ternyata, jika kita perhatikan apa yang terjadi pada empat hari ini, kita dapat melihat bahwa sedikit-demi sedikit (mulai pada hari ketiga), pasukan Jendral Bearish semakin kuat. Pada hari ketiga, pasukan Jendral Bullish mulai unjuk kekuatan dengan melakukan perlawanan kuat pada pertengahan hari.

Pada hari keempat, pasukan Jendral Bullish bahkan mempertunjukkan kekuatan yang lebih lagi. Sempat mendesak pasukan Jendral Bearish, hingga jauh ke daerahnya pada awal pertempuran. Walau akhirnya dapat didesak mundur kembali oleh pasukan Jendral Bearish, setidaknya kita telah dapat melihat bahwa pasukan Jendral Bullish telah semakin kuat. Dapat diharapkan bahwa keesokan harinya, pasukan Jendral Bullish semakin kuat lagi.

Pasukan Jendral Bearish juga telah menyadari peningkatan kekuatan pasukan Jendral Bullish ini. Moral mereka kemungkinan mulai terkena efeknya. Semangat mereka kemungkinan mulai melemah. Dengan alasan-alasan tersebut, dapat kita prediksi bahwa pada keesokan harinya, pasukan Jendral Bullish akan benar-benar dapat menguasai pertempuran. Arah kemenangan akan berubah. Harga saham akan kembali mulai pergerakan kenaikannya. Tren pergerakan harga saham akan mulai berbalik arah.

Berdasarkan data masa lalu di bursa saham, pola candlestick Bullish Concealing Baby Swallow, memiliki ketepatan yang tinggi. Kita dapat langsung bertindak setelahnya tanpa perlu menunggu konfirmasi lagi. Namun, untuk alasan meminimalkan resiko, menunggu sebuah konfirmasi terlebih dahulu, tidak ada salahnya. Untuk memahaminya, mari lihat gambar di bawah ini:

Konfirmasi Bullish Concealing Baby

Dapat kita lihat bahwa, setelah hari ketiga, ada sebuah candlestick putih yang mempunyai harga penutupan lebih tinggi dari harga pembukaan pada hari ketiga. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah benar-benar dapat mengatasi kekuatan pasukan Jendral Bearish. Dapat diharapkan bahwa pasukan Jendral Bullish  akan menguasai pertempuran untuk hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus bergerak naik.