Seri Indikator Analisis Teknikal: Pola Candlestick, Bullish Breakaway

Kali ini, kita akan membahas pola candlestick Bullish Breakaway. Seperti halnya pola candlestick Bullish Ladder Bottom, pola candlestick Bullish Breakway juga merupakan sinyal bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish). Ini adalah dasar dari sebuah penurunan harga yang merupakan titik paling bagus untuk membeli saham sebab potensi keuntungan yang ditawarkan sangat tinggi.

Pola candlestick Bullish Breakaway mempunyai tingkat ketepatan menengah yang berarti masih cukup besar peluang akan terjadi tren turun (Bearish) kembali setelahnya. Oleh karenanya, menunggu konfirmasi terlebih dahulu adalah tindakan yang bijak. Konfirmasi bahwa tren naik (Bullish) lah yang terjadi. Untuk lebih memahami pola candlestick Bullish Breakaway ini, mari perhatikan gambar berikut:

Pola Candlestick Bullish Breakaway

Pola candlestick Bullish Breakaway dibentuk oleh lima buah candlestick. Satu candlestick hitam berbatang panjang, dua candlestick hitam berbatang pendek, sebuah candlestick hitam/putih berbatang pendek, dan sebuah candlestick putih berbatang panjang. Kita akan memahaminya dengan menelaah satu per satu candlestick tersebut. Untuk mempermudah, mari mengasumsikan pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian.

Pada hari pertama, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa dominasi dari pasukan Jendral Bearish masih terus berlanjut. Dapat diprediksi bahwa dominasi ini masih akan terus berlanjut pada hari-hari selanjutnya. Untungnya, prediksi ini terbukti salah. Pada hari kedua, terbentuk sebuah candlestick hitam berbatang pendek. Ini memberitahu kita bahwa perlawanan pasukan Jendral Bullish sudah cukup kuat.

Cukup kuat untuk menahan laju pasukan Jendral Bearish. Memang sih, pasukan Jendral Bearish masih keluar sebagai pemenang namun sudah tidak dominan lagi. Bisa dikatakan kekuatan kedua belah pihak hampir seimbang. Keseimbangan kekuatan inilah yang juga digambarkan candlestick pada hari ketiga dan hari keempat. Benar-benar tidak ada dominasi dari salah satu pihak pada pertempuran hari ketiga dan hari keempat.

Apapun bisa terjadi pada hari kelima. Entah masih seimbang, pasukan Jendral Bearish berhasil mendominasi kembali, atau pasukan Jendral Bullish akhirnya berhasil mendominasi. Untuk memastikannya, mari kita lihat candlestick hari kelima. Tampak sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish berhasil mengatasi pasukan Jendral Bearish.

Pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish dapaat mendominasi pertempuran. Dapat diprediksi bahwa pasukan Jendral Bullish akan terus mendominasi pertempuran pada hari-hari selanjutnya. Namun, jika dilihat lebih luas, dominasi pasukan Jendral Bullish belum sekuat dominasi pasukan Jendral Bearish pada hari pertama. Ini berarti masih ada bahaya laten bahwa pasukan Jendral Bearish akan membalikkan keadaan.

Inilah mengapa disebutkan bahwa sebaiknya kita menunggu konfirmasi terlebih dahulu. Konfirmasi bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish telah lebih dominan dari kekuatan pasukan Jendral Bearish – bahkan kekuatan Jendral Bearish pada hari pertama yang begitu besar. Untuk lebih memahami mengenai konfirmasi ini, mari perhatikan gambar berikut:

Konfirmasi Bullish Breakaway

Telah ditambahkan sebuah candlestick putih berbatang panjang dan sebuah garis konfirmasi pada gambar di atas. Tampak bahwa candlestick putih berhasil menembus ke atas garis konfirmasi. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish telah benar-benar lebih dominan dari pasukan Jendral Bearish. Dominasi ini akan terus berlanjut dalam hari-hari selanjutnya. Harga saham akan terus naik. Tentu ini saatnya untuk mulai membeli.